JawaPos – Indonesia Basketball League (IBL) mendapat ajakan untuk mendeklarasikan dukungan kepada salah satu pasangan calon Presiden. Dalam surat tersebut tertulis pendeklarasian akan berlangsung di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Minggu (7/3) nanti.

Surat undangan tersebut telah beredar ke klub-klub IBL. Tertulis, bagi yang ingin turut berpartisipasi dalam ‘deklarasi dukungan komunitas olahraga bersama para ikon olahraga Indonesia untuk Jokowi-Amin’ harus melakukan konfirmasi paling lambat 4 April.

Direktur IBL Hasan Gozali mengatakan, surat yang disebutnya datang dari Perbasi itu didapat sejak pekan lalu. Namun surat yang beredar tersebut bukan sebuah kewajiban, melainkan sekadar undangan.

“Kami dapat (surat), jadi kami forward ke tim-tim. Sifatnya itu surat undangan, bukan kewajiban. Kalau nggak mau ya tidak masalah,” ujarnya saat dihubungi, Senin (1/3).

Padahal dalam peraturan pertandingan (PP) IBL, dalam poin ke-8 tertulis kalau setiap personel klub IBL yang menyiarkan pandangan-pandangan politik akan dikenakan denda sebesar Rp 25 juta. Namun sanksi tersebut dapat diberikan hanya jika dilakukan secara berlebihan.

“Mengenai PP (peraturan pertandingan), itu kalau berlebihan. Dalam arti kalau memprovokasi atau menjatuhkan (nama baik) sebelah pihak, baru kena (sanksi Rp 25 juta),” katanya.

Sementara Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto mengatakan, tidak mengetahui asal undangan ajakan deklarasi tersebut. “Kalau atlet mau menyampaikan dukungan itu hak mereka. Tapi kalau kaitannya dengan cabang olahraga saya tak tahu. Kalau komunitas silakan saja men-declare,” paparnya.