JawaPos.com – Pembangunan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan menjadi proyek paling ambisius yang dilakukan pemerintah Indonesia. Proyek yang ditargetkan rampung pada 2020 ini akan membuat Indonesia menjadi salah satu tuan rumah di kompetisi MotoGP.

Bahkan CEO Dorna, Carmelo Ezpeleta menyebut pembangunan sirkuit ini menjadi proyek spesial dalam sejarah MotoGP. Sebab menurutnya, pemilihan tempat di Mandalika, Lombok sangatlah strategis untuk menarik para penonton.

“Saya telah berada di sini (Mandalika) sebelum Grand Prix Malaysia di tahun kemarin, dan tempat ini sangatlah mengagumkan. Bagi kami, ini merupakan langkah penting bagi masa depan MotoGP,” ucapnya dikutip dari Crash.

Ezpeleta menambahkan bahwa dirinya yakin, balapan di sirkuit ini akan dihadiri banyak penonton. Terlebih lagi fans MotoGP di Indonesia sangatlah luar biasa.

“Setelah sukses dengan Malaysia dan Thailand, kami berpikir area ini (Indonesia) bagus terhadap ketertarikan MotoGP. Bagi kami hal ini selalu penting untuk melakukannya dengan cara yang aman dan dilakukan di tempat yang bagus,” jelasnya.

Ezpeleta menilai, MotoGP bisa membantu meningkatkan popularitas kawasan Lombok. Dengan begitu jumlah wisatawan asing bakal melonjak dengan sendirinya.

“Inilah yang sebenarnya kita coba untuk targetkan, yakni menimbulkan kesadaran. Untuk memperjelas bahwa tidak hanya Bali saja, meskipun pulau itu sangatlah indah, tetapi kita juga memiliki destinasi lain di Indonesia. Tentunya dengan adanya event seperti MotoGP dan World Superbikes, hal itu bisa terwujud,” pungkas Ezpeleta.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Bintang Rahmat