JawaPos.com – Sesi latihan bebas menjadi momen penting untuk seluruh pembalap Formula 1. Tak hanya menguji kecepatan catatan waktu, momen ini juga dimanfaatkan untuk menjajal setting-an mobil sebelum dimulainya lomba.

Berkaca dari itu, beberapa kontestan masih belum tampil maksimal dalam latihan bebas hari pertama jelang GP Australia 2019. Hal tersebut diakui oleh pembalap Mercedes, Valtteri Bottas.

“Ini tergantung dari apa yang mau Anda uji. Atau bagaimana sebuah tim memutuskan, itu kembali lagi kepada mereka nanti,” ujar Bottas dikutip dari Crash.

“Saya sebagai seorang pembalap, mencoba untuk mengoptimalkan setting-an mobil dan berusaha untuk mengaplikasikan ilmu di dalam lintasan. Sebab waktu yang tersedia sebelum kualifikasi sangatlah singkat. Jadi saya hanya akan mencoba lebih baik pada tiap lap,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, Bottas juga menganggap hasil negatif yang diraih tim-tim lain bukan karena mereka memang tampil buruk di sesi latihan. Namun ia yakin, para rival Mercedes sengaja menyimpan kekuatan.

“Mungkin ini strategi untuk tim lain agar mereka dapat berpikir seperti itu,” pungkas pembalap asal Finlandia tersebut.

Bottas sendiri tampil bagus di sesi latihan bebas jelang GP Australia. Pada latihan pertama, dirinya ada di posisi kelima. Sedangkan di latihan kedua, ia memperbaiki tempatnya ke urutan kedua.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Bintang Rahmat