JawaPos.com – Laga terakhir Grup C Piala Presiden 2019 antara Persipura Jayapura melawan Kalteng Putra akan menjadi penentu nasib kedua tim. Khususnya bagi para pelatih baru kedua kubu yang sama-sama berasal dari Brasil. Menjadi uji kelayakan dan kepantasan kedua pelatih untuk menangani tim sepanjang musim 2019.

Persipura dan Kalteng Putra memang mendapuk pelatih baru untuk menangani tim pada musim 2019. Persipura kini ditangani Luciano Leandro, yang pernah menjadi bintang bagi PSM Makassar dan Persija Jakarta ketika masih aktif bermain.

Sementara Kalteng Putra memilih untuk ditangani Gomes de Oliveira yang sebelumnya pernah menangani Madura United. Dua pelatih baru tersebut bakal saling adu taktik untuk memberikan kemenangan bagi timnya di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Sabtu (16/3) pukul 15.30 WIB nanti.

persipura vs kalteng putra
Kalteng Putra mencoba meraih asa terakhir saat bertemu Persipura. (MO PSM Makassar)

Untuk sementara, Luciano berada di atas Gomes. Pasalnya, Luci bersama Persipura telah meraih dua kemenangan dari dua laga sebelumnya. Sementara Gomes hanya menang sekali dan kalah sekali di fase grup Piala Presiden 2019.

Karena itu, Luciano lebih percaya diri dalam menghadapi Gomes bersama skuad Isen Mulang-julukan Kalteng Putra. Dia yakin Persipura akan mampu mengatasi adangan Kalteng Putra untuk menuju babak 8 besar.

Namun, tetap saja dia enggan jemawa. Apalagi Kalteng sudah membuktikan kualitasnya dengan menaklukkan PSM Makassar di pertandingan pertama.

“Kalteng Putra tim bagus. Mereka bisa mengalahkan tim kuat seperti PSM Makassar. Para pemain saya harus tetap serius dan kerja keras di lapangan,” ucap Luciano.

Kewaspadaan Luci tak lepas dari situasi yang dihadapi Kalteng Putra saat ini. Berada di peringkat ketiga dengan raihan 3 poin, membuat Kalteng Putra masih berpeluang untuk melaju ke babak 8 besar. Syaratnya, mereka harus bisa meraih poin penuh di laga sore nanti.

Meskipun, sebuah kemenangan tak lantas menjamin Kalteng Putra lolos ke babak berikutnya. Karena hasil dari tim-tim di grup lain juga ikut mempengaruhi. Namun, setidaknya upaya dan perjuangan harus tetap ditunjukkan OK John dan kolega.

Pelatih Kalteng Putra, Gomes de Oliveira pun tetap yakin kalau timnya masih memiliki kans melaju ke babak 8 besar. Skema permainan dan strategi pun terus dimatangkan selama beberapa hari terakhir.

“Kami harus punya tim yang mampu bersaing di Liga nanti. Persipura jadi ujian yang sangat baik. Persipura tim besar, untuk itu kami akan tunjukkan kami bisa bersaing,” kata tegas Gomes.

5 Pertandingan Terakhir Persipura
10/03/19: PSM Makassar 0-1 Persipura
06/03/19: PSIS Semarang 1-3 Persipura
08/02/19: Persipura 2-1 Persidago
28/01/19: Persidago 1-0 Persipura
18/12/18: Pelauw Putra 0-2 Persipura

5 Pertandingan Terakhir Kalteng Putra
10/03/19: Kalteng Putra 0-1 PSIS Semarang
06/03/19: PSM 0-1 Kalteng Putra
03/02/19: PSM 1-0 Kalteng Putra
26/01/19: Kalteng Putra 1-2 PSM
08/12/18: Peseban 0-6 Kalteng Putra

Perkiraan susunan pemain
Persipura Jayapura (4-3-3): Panggih Prio Sembodo; Valentino Telaubun, Andre Ribeiro Dos Santos, David Rumakiek, Yohanis Tjoe; Imanuel Wanggai, Muhammad Tahir, Gunansar Mandowen; Titus Bonai, Wallacer Andrade Medeiros, Boaz Solossa
Pelatih: Luciano Leandro

Kalteng Putra (4-2-3-1): Dimas Galih; Wasiat Hasbullah, Rafael Bonfim, OK John, Indra Permana; Yu Hyun Koo, Fajar Handika; Patrich Wanggai, -I Gede Sukadana, Ferinando Pahabol; Diogo Compos
Pelatih: Gomes de Oliveira

Prediksi JawaPos.com
Persipura menang: 45%
Kalteng Putra menang: 35%
Imbang: 20%

Editor           : Agus Dwi W