JawaPos.com – Pengurus Besar Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi) mematok dua medali emas dari tim softball putra dan putri di SEA Games 2019. Target ini diyakini Perbasasi bukanlah target muluk.

Ketua Umum PB Perbasasi, Andika Monoarfa, mengatakan target tersebut ditetapkan dengan mengacu pada peta persaingan di Asian Games 2018 lalu. Dari tim-tim lingkup Asia Tenggara, hanya Indonesia dan Filipina yang punya taji di cabang olahraga ini.

Softball Indonesia pernah mengukir sejarah manis dengan menjadi juara di SEA Games 1997 dengan dua medali emas. Terakhir, di SEA Games 2015, Merah Putih harus finis sebagai runner up setelah dikalahkan Filipina di final. 

“Kami cukup percaya diri karena timnas Filipina sebagai pesaing terberat itu beberapa bulan yang lalu sudah kami kalahkan,” papar Andika.

Andika menambahkan, sebelum bertanding di SEA Games 2019, para atlet softball putri akan lebih dulu tampil di Asia Women Championship (AWC) 2019. Ajang tersebut akan berlangsung di Jakarta pada 30 April-7 Mei sebagai bagian dari persiapan jelang SEA Games 2019.

Selain itu, AWC 2019 juga menjadi salah satu ajang untuk kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 ini. Di ajang ini, Andika menargetkan pasukannya harus berada di posisi lima besar.

“Kami targetkan tim putri bisa finis di peringkat lima besar karena lawan-lawannya tak mudah,”tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi