JawapPos.com – Bos tim Ducati, Gigi Dall’Igna menilai protes keras yang tetap dilayangkan oleh empat rivalnya dalam MotoGP (Honda, Suzuki, KTM, dan Aprilia) sangatlah konyol. Padahal inovasi yang dilakukan oleh Ducati tidak melanggar peraturan apapun.

Keempat tim tersebut tidak terima dengan terobosan baru di motor Ducati Desmosedici GP19. Mereka menganggap Ducati telah memasang komponen secara ilegal.

Namun, Gigi menilai protes tersebut hanyalah omong kosong belaka. Sebab, jelas-jelas komponen itu bukanlah sesuatu untuk membantu aerodinamis motor. Melainkan untuk mendinginkan temperatur ban.

“Saya sangat yakin memiliki solusi untuk diterapkan kepada motor kami. Lalu kenapa mereka malah memberitahu saya untuk tidak menggunakannya? itu sangatlah konyol,” tegas Gigi yang dikutip dari GPone.

Bahkan Gigi berpendapat, protes tersebut tambah tidak masuk akal saat keempat tim balap itu meminta klarifikasi dari FIM terlebih dahulu. Padahal, dia yakin komponen ini tidak melanggar peraturan sama sekali.

“Saya yakin inovasi ini akan sesuai dengan regulasi karena sudah menghormati hal itu. Inovasi ini juga telah disetujui oleh Direktur Teknis FIM dimana mereka dapat menilai apakah komponen sah digunakan atau tidak. Jadi untuk apa saya menunggu klarifikasi lagi,” tegasnya.

FIM akhirnya menerima alasan dari tim Ducati. Alhasil status pemenang GP Qatar 2019 tidak dicabut dari Andrea Dovizioso.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Bintang Rahmat