JawaPos.com – Pengurus Provinsi (Pengprov) Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) DKI Jakarta akan mencoret tiga nama penghuni tim pemusatan latihan daerah (pelatda). Pencoretan itu sekaligus jadi kesempatan untuk mempromosikan atlet lapis kedua dan akan segera diumumkan pekan depan.

Lapis utama pelatda kempo DKI sendiri saat ini dihuni oleh 16 atlet. Tujuh di antaranya merupakan kenshi putri. Sedangkan lapis kedua diisi oleh enam kenshi. Tiga kenshi lapis kedua nantinya akan menggantikan tiga kenshi lapis utama.

Sekum Perkemi DKI, Achyar Zuan menuturkan, tiga atlet lapis utama tersebut akan didegradasi karena mereka tak mengikuti ajang Invitasi Shorinji Kempo dan Piala Walikota Jakarta Pusat, di GOR Cempaka Putih, Jakarta Pusat, 2-3 Maret.

“Kami baru bisa mengumumkan hasil promosi-degrasi minggu depan,” ujar Zuan.

Setelah diumumkan, Perkemi DKI Jakarta akan langsung mengajukan penghuni pelatda ke Komite Olahraga Nasional (KONI) DKI. Tujuannya untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) atlet pelatda.

Zuan mengatakan kebutuhan SK sangat mendesak mengingat konsentrasi latihan akan mengalami peningkatan seiring semakin dekatnya babak kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung di Kalimantan Selatan pada November mendatang.

“Yang mendapat SK sudah pasti berkualitas, karena target kami meloloskan sebanyak-banyaknya,” jelas Zuan.

Sementara itu, kenshi putri kelas 60 kg Sawitri Chyian Nisari berharap namanya tak masuk radar degrasi. Keberhasilannya meraih medali emas di akhir pekan kemarin bisa menjadi alasan namanya tetap menghuni lapis utama.

“Deg-degan pasti, tapi saya berharap bisa tetap bertahan di pelatda. Karena, impian saya ingin tampil di PON,” jelas Sawitri.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Acmad Nasrudin Yahya