JawaPos.com – PSM Makassar tampaknya tak menjadikan Piala Presiden 2019 sebagai prioritas. Turnamen pramusim tersebut bakal dijadikan sarana untuk mematangkan kesiapan seluruh pemain. Mulai dari pemain senior hingga pemain muda. 

Karena itu pelatih kepala Darije Kalezic memastikan akan memberikan kesempatan kepada seluruh pemain mudanya untuk unjuk gigi di pertandingan nanti. PSM dijadwalkan bertemu Kalteng Putra di penyisihan Grup C, Rabu (6/3) mendatang. Pertandingan rencananya akan digelar di Stadion Moch Soebroto, Magelang.

“Saya akan memberikan kesempatan kepada pemain muda. Dan saya akan memberikan kesempatan kepada seluruh pemain untuk menunjukkan kepada saya kualitas mereka,” aku Darije, Senin (4/3).

Keputusan ini diambil Darije menyusul kondisi pemain inti yang masih memerlukan waktu untuk memulihkan kebugaran. Hasil seri 1-1 menghadapi tuan rumah Home United dalam turnamen bergengsi AFC Cup 2019, pekan lalu membuat Darije mengistirahatkan anak asuhnya.

“Kami bermain dengan sangat keras (di Singapura), dan semua pemain memiliki beberapa cedera kecil di kaki, lutut, pinggang. Tapi mereka pulih dengan sangat baik. Hanya Eero Markkanen yang belum sembuh total. Dan Benny Wahyudi masih butuh beberapa hari untuk penyembuhan,” jelas pelatih berkebangsaan Bosnia ini.

Pertimbangan lainnya adalah, mepetnya jadwal pertandingan dalam dua ajang tersebut. Darije merujuk partai kedua PSM di Grup C Piala Presiden. Setelah melawan Kalteng Putra, PSM akan menjamu Persipura Jayapura pada Senin (11/3) mendatang.

Hanya berselang dua dari kemudian, Rabu (13/3), Wiljan Pluim dan kawan-kawan akan menjamu Lao Toyota pada partai kedua Grup H AFC Cup di Stadion Pakansari, Bogor. “Target kami dalam Piala Presiden adalah untuk melihat semua pemain, dan untuk membagi kesempatan tampil untuk semua pemain,” jelasnya.

Meski akan menurunkan sejumlah pemain muda, Darije tak bermaksud memandang remeh kekuatan Kalteng Putra. Mengingat di pertandingan Piala Indonesia beberapa waktu lalu, skuad asuhan Gomes de Oliveira itu mampu membuat anak asuhnya kesulitan. 

“Itu pertandingan yang seri dan kami hanya mendapat 1-0 di satu pertandingan. Kalteng putra bukan lawan yang mudah. Mereka bermain dengan kuat, fisik tim yang kuat,” pungkasnya.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan