JawaPos.com – Tim nasional (timnas) U-22 sukses membawa pulang gelar juara Piala AFF U-22 ke tanah air. Namun, tidak berarti perjuangan mereka berakhir.

Justru, kemenangan tersebut menjadi langkah awal tim asuhan Indra Sjafri itu untuk menghadapi kualifikasi Piala AFC U-23 2020 dan menyongsong SEA Games 2019. Berikut petikan wawancara dengan kapten timnas U-22 Bagas Adi Nugroho.

Setelah juara, menurut kamu, apa yang masih harus diperbaiki?

Dalam laga final Piala AFF U-22 menghadapi Thailand agak masih kurang tenang di menit-menit awal. Jadi, terkesan telat panas. Akhirnya kebobolan dulu. Tapi, seiring berjalannya waktu, kami bisa menguasai keadaan dan syukur bisa menang.

Kekuatan apa yang harus terus dijaga skuad saat ini untuk menghadapi kualifikasi AFC U-23 2020?

Kekompakan dan komunikasi antar pemain di lapangan sudah bagus. Itu harus terus ditingkatkan dan dijaga selama tiga minggu nanti kami menjalani pemusatan latihan.

Indonesia akan kembali bertemu Vietnam dan Thailand dalam Grup K Kualifikasi AFC U-23 2020, duel melawan dua negara itu di Piala AFF U-22 lalu apa cukup menjadi referensi?

Insya Allah cukup. Mereka memiliki karakter permainan yang keras dan ngotot menyerang sejak awal. Jadi, kami harus lebih siap dan tenang sejak awal. Nggak boleh telat panas. Untuk strategi dan pola bermain ikut instruksi pelatih.

Apa target pribadi bersama timnas usia muda ini?

Yang dekat lolos Piala AFC U-23 2020 dulu. Kalau itu sudah, semoga bisa emas SEA Games 2019. Lebih baik fokus satu per satu dulu. 

Editor           : Ilham Safutra
Reporter      : (*/c10/ttg)