RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Jumat pagi, suasana di salah satu ruangan panti Wreda Maria, gua Lerep, Ambarawa, terasa lebih semarak di banding hari-hari biasanya. Pagi itu, puluhan penghuni yang semuanya sudah berusia lanjut itu, tengah mengikuti kegiatan pembinaan pos terpadu (posbindu) oleh tim dari Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa. Dengan antusias, mereka mendengarkan penyuluhan tentang kesehatan yang disampaikan tim medis Balkesmas wilayah Ambarawa.

Selain penyuluhan kesehatan, Posbindu Balkesmas wilayah Ambarawa, juga melakukan penimbangan berat bada, pemeriksaan kesehatan, konsultasi kesehatan, dan pengobatan. Kegiatan Posbindu ini merupakan upaya Balkesmas wilayah Ambarawa, dalam mengimplementasikan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), sehingga penghuni panti Wreda Maria, Gua Lerep, Ambarawa,memperoleh pengetahuan tentang penyakit yang sering terjadi pada lansia, sehingga dapat mencegah,, mendeteksi dan menatalaksana secara dini.

Biasanya, tim Posbindu Balkesmas wilayah Ambarawa, memberikan materi tentang hipertensi, malaria, asam urat dan tuberculosis. Pemilihan materi ini sengaja diberikan,karena penyakit-penyakit jenis itulah yang banyak di idap lansia dan masyarakat. Para penghuni panti Wreda Maria, tampak aktif bertanya menanyakan permasalahan kesehatan mereka. Jawaban dan penjelasan yang gamblang serta mudah dipahami, membuat mereka puas.

Kegiatan Posbindu Balkesmas wilayah Ambarawa ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan Upaya Harapan Hidup (UHH), apalagi diperkirakan jumlah warga usia lanjut pada tahun 2020 diperkirakan mencapai 28,8 juta jiwa. Besarnya populasi lanjut usia serta pertumbuhan yang sangat cepat juga bisa berpotensi menimbulkan berbagai permasalahan, karena itulah warga lanjut usia perlu perlu mendapatkan perhatian yang serius dari semua sektor, agar mereka tetap aktif, sehat dan produktif di usia senja. (ono/web/ap)