RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Salah satu implementasi dari Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), yang dilakukan Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa adalah menggelar kegiatan senam gardenia, yang rutin di adakan dengan melibatkan warga Ambarawa dan sekitarnya. Bahkan, untuk memaksimalkan agar senam gardenia ini semakin di kenal warga, sebagai salah satu olah raga yang dapat menunjang kesehatan, Balkesmas wilayah Ambarawa, membentuk pengurus baru yang bertugas untuk lebih aktif mengadakan kegiatan senam gardenia di tengah masyarakat, sekaligus mensosialisasikan gerakan senam tersebut.

Balkesmas Wilayah Ambarawa sendiri memandang kegiatan senam gardenia ini memiliki nilai strategis penting, dalam mendorong partisipasi masyarakat, dalam menjaga kesehatan tubuh. Apalagi, dalam sebuah study menyebutkan, kegiatan senam yang masuk kategori aerobic ini, sangat baik untuk melatih pernafasan dan jantung, karena terjadi peningkatan laju pernafasan dan denyut jantung yang menyebabkan kadar oksigen di darah meningkat dan pembuluh darah membesar. Perubahan-perubahan metabolisme ini akan memberikan dampak positif yang bermanfaat untuk tubuh. Gerakan-gerakan senam Gardenia yang lincah, juga merangsang pembakaran kalori dan lemak.

Gerakan senam Gardenia yang lincah dan dinamis, juga membantu meningkatkan stamina, karena dengan gerakan tubuh yang teratur, kadar oksigen di dalam darah meningkat dan kerja jantung menjadi lebih efisien. Bagi yang memiliki masalah dengan tekanan darah, kegiatan olah raga termasuk senam Gardenia, yang rutin di gelar Balkesmas Wilayah Ambarawa, juga bisa membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kepadatan dan kesehatan tulang, serta membantu pengaturan kadar gula darah.

Wajah ceria dan semangat peserta senam Gardenia, yang diselenggarakan Balkesmas Wilayah Ambarawa ini selalu terpancar, karena senam dapat meningkatkan pelepasan hormon endorphine yang membuat seseorang merasa lebih bahagia dan membantu mengurangi stress ditengah padatnya aktivitas sehari-hari. Karena itu, mari bergabung dalam senam Gardenia bersama Balkesmas Ambarawa, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bahagia. Usai mengikuti senam Gardenia, warga kemudian menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Balkesmas Wilayah Ambarawa (ono/web/ap)