RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Jika anda sedang dalam perjalanan dari Ambarawa menuju objek wisata Bandungan, yang tersohor akan wisata alamnya, anda pasti akan melintas di Jalan Dr Cipto, Ambarawa. Di jalan yang menghubungkan kota Ambarawa dan Bandungan itulah, anda akan melewati sebuah bangunan yang cukup megah di sisi kiri jalan. Ya, bangunan yang menjadi tempat layanan kesehatan bagi warga Ambarawa dan sekitarnya itu adalah Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) wilayah Ambarawa, yang merupakan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di bawah Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.

Salah satu pelayanan khusus di Balkesmas wilayah Ambarawa adalah layanan kesehatan paru-paru, di mana warga yang datang bisa berkonsultasi dan memeriksakan diri, terkait masalah kesehatan paru-paru. Didukung oleh sejumlah dokter spesialis penyakit paru-paru, penyakit dalam, serta ditunjang tenaga laboratorium yang profesional, layanan kesehatan paru-paru, Balkesmas Ambarawa menjadi rujukan bagi warga kabupaten Semarang dan sekitarnya, yang mengalami masalah kesehatan paru-paru.

Tidak hanya didukung tenaga dokter spesialis paru-paru serta peralatan yang cukup canggih, Balkesmas wilayah Ambarawa juga menyediakan ruang perawatan yang cukup lengkap, sehingga pasien tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota Semarang atau kota lainnya, untuk mendapatkan perawatan. Dukungan peralatan laboratorium yang canggih, juga membuat tim medis di Balkesmas Ambarawa, dapat dengan cepat mendiagnosa gangguan kesehatan paru-paru.

Selain, melayani pemeriksaan dan perawatan pasien yang mengidap gangguan kesehatan paru-paru, di Balkesmas wilayah Ambarawa yang memiliki ruang lingkup kerja kabupaten Semarang,kota Salatiga,Kendal, Batang, Temanggung, Wonosobo dan Banjarnegara ini, juga melaksanakan Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) yang lebih mengutamakan kesehatan masyarakat, di mana Balkesmas Wilayah Ambarawa aktif melakukan kegiatan untuk memberdayakan kesehatan masyarakat (ono/web/ap)