JawaPos.com – Pelatih sepak bola asal Malaysia, Lim Teong Kim tak ubahnya seorang pahlawan bagi Thomas Muller, bintang Timnas Jerman. Teong Kim adalah pelatih yang menangani Muller semasa junior.

Muller memang pernah ditangani oleh sejumlah pelatih hebat seperti Pep Guardiola, Louis van Gaal, Jupp Heynckes, Carlo Ancelotti, dan Joachim Loew. Tapi Teong Kim punya tempat spesial di hati Muller.

“Selama dua tahun, dia adalah pelatih saya di tim junior. Saya pikir dia adalah pelatih pertama saat saya belajar tentang taktik, dan dasar-dasar untuk menjadi pesepak bola profesional,” aku Muller.

Pemain yang sudah pernah merasakan trofi Liga Champions dan Piala Dunia ini menceritakan banyak hal tentang Teong Kim. Termasuk teknik-teknik yang diajarkan tentang sepak bola.

“Dia orang yang sangat pintar dan saya sangat menyukainya,” ungkap Muller seperti yang dilansir FOX Sport.

Siapa Lim Teong Kim? Pria berusia 55 tahun itu adalah mantan penggawa tim nasional Malaysia. Ia juga pernah bermain untuk klub Jerman, Hertha BSC Berlin.

Teong Kim juga pernah menjadi asisten pelatih di tim Bayern Muenchen U-19 pada 2001 hingga 2013. Saat ini dia menjadi direktur di Mokhtar Dahari Academy (AMD).

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin