JawaPos.com – Tim putri Berkat Abadi memastikan diri naik ke podium ketiga Djarum Superliga Badminton 2019. Dalam duel sengit melawan tim Saishunkan Nihon-Unisys di Gedung Sasana Budaya Ganesha, Bandung, Sabtu (23/2), Berkat Abadi unggul 3-2.

Kemenangan ini diraih dengan begitu impresif. Pasalnya Berkat Abadi sudah sempat unggul 2-0 di partai pertama dan kedua. Pemain tunggal Zhang Beiwen berhasil menundukkan Ayumi Mine 21-14 dan 21-19. Disusul kemudian oleh pasangan Dian Fitriani/Nadya Melati yang menang 21-16, 14-21, dan 21-14 atas Kie Nakanishi/Rin Iwanaga.

Namun pada partai penentuan, Silvi Wulandari tidak mampu memberikan penyelesaian yang apik. Pemain asal Bandung tersebut tunduk dalam rubber set kontra Shiori Ebihara 5-21, 21-15, dan 17-21.

“Target kami sebenarnya dari awal ambil partai satu, dua, dan tiga. Cuma kami sudah siap untuk main sampai partai kelima,” ujar Fran Kurniawan, manajer Berkat Abadi.

Terpaksa pertandingan berlanjut ke partai keempat. Tetapi lagi-lagi Berkat Abadi gagal mengambil kemenangan. Berhadapan dengan Yukino Nakai/Reika Kakiiwa, pasangan ganda putri Brigita Marcelia Rumambi/Isra Faradilla mengalami kekalahan telak 11-21 dan 12-21. Kedudukan menjadi 2-2.

Pebulu tangkis tunggal, Gabriela Meilani Moningka diturunkan di partai krusial. Pertandingan menjadi menegangkan ketika Gabriela mengalami kekalahan pada game pertama. Namun, dia mampu membalik keadaan dan unggul di sisa pertandingan. Skor akhir 17-21, 21-18, dan 22-20

“Saya kan yang terakhir menentukan Berkat Abadi bisa menang atau enggak. Tapi main enjoy saja, enggak ada beban. Cuma saya ingin banget Berkat Abadi bisa menang. Itu yang memacu saya untuk ambil kemenangan,” ucap Gabriela usai pertandingan.

Pada edisi sebelumnya, Berkat Abadi berhasil menembus partai final. Mereka menjadi runner-up Djarum Superliga 2017 setelah kalah atas Mutiara Cardinal Bandung.

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Tyasefania Febriani