JawaPos.com – Persebaya Surabaya berpeluang pesta banyak gol ketika menjamu Persidago Gorontalo pada babak 16 besar Piala Indonesia 2018, Sabtu (23/2) sore WIB. Apalagi tim berjuluk Green Force itu akan turun dengan kekuatan penuh di laga ini.

Persebaya memiliki catatan superior selama Piala Indonesia 2018-2019. Mereka membuka turnamen ini dengan kemenangan telak 14-0 saat bertemu PSBI Blitar. Ini adalah rekor kemenangan terbesar Persebaya di sebuah ajang resmi dalam 25 tahun terakhir.

Selanjutnya mereka menggebuk PSKT Sumbawa Barat dengan skor 4-2 pada pengujung Desember 2018. Memasuki tahun baru, giliran Persinga Ngawi yang menjadi santapan Persebaya. Green Force menang 8-0.

Persebaya Surabaya, Persidago Gorontalo, Piala Indonesia

Damian Lizio bakal melakoni debut bersama Persebaya (Official Persebaya)

Tak berselang lama, ketika merumput di Stadion 23 Januari, Gorontalo, Persebaya mempermalukan tuan rumah Persidago dengan skor 4-1 pada leg pertama 16 besar. Sekarang mereka akan menjamu Persidago pada leg kedua.

Bermain di kandang sendiri, plus meraih kemenangan besar di leg pertama membuat Persebaya dijagokan di atas kertas. Apalagi Persebaya berencana menurunkan seluruh pemain asingnya. Tak terkecuali rekrutan anyar Damian Lizio.

“Kami tetap respek terhadap lawan dan tak ada unsur meremehkan. Kami memang menang 4-1 pada leg pertama. Tetapi saya tekankan ke pemain agar menampilkan kemampuan terbaiknya,” ucap asisten pelatih Persebaya, Bejo Sugiantoro.

Persebaya memang tidak bisa menurunkan tiga pemain yakni Irfan Jaya, Andi Muliadi dan Fandi Eko Utomo. Irfan dan Andi masih menemani istrinya. “Fandi tidak bisa bermain karena kakinya agak memar jadi butuh proses seminggu,” imbuh Bejo.

Persebaya juga belum bisa memainkan Osvaldo Haay dan Rachmat ‘Rian’ Irianto. Osvaldo dan Rian masih berada di Kamboja untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia di Piala AFF U-22 2019.

Meski demikian, Persebaya tetap diunggulkan di pertandingan ini. Persebaya diyakini akan mencetak banyak gol ke gawang Persinga. “Hasil besar atau kecil itu relatif. Kalau sesuai arahan pelatih pasti akan memuaskan secara hasil,” tegas Bejo.

Sementara itu, pelatih Persidago, Romi Malanua mengaku sudah melakukan evaluasi pascakekalahan 1-4 di Gorontalo. Romi yakin Persebaya akan tampil lebih trengginas. Sebab anak asuh Djadjang Nurdjaman bermain di kandang sendiri.

Persebaya, lanjut Romi, juga akan memainkan seluruh amunisi asingnya, yakni Manu Dzhalilov, Amido Balde, Damian Lizio, serta Otavio Dutra. Nama terakhir sedang membereskan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Kami akan memberikan perlawanan. Tidak akan kami lepas begitu saja. Kami memang tidak ada peluang lagi. Tetapi kami akan sebisa mungkin untuk menyulitkan Persebaya. Meski lawan kami memang beda level, dan berbeda materi pemain juga,” tuturnya.

Rekor Pertemuan
19/02/2019 Persidago vs Persebaya: 1-4

5 Laga Terakhir Persebaya
19/02/19 Persidago 1-4 Persebaya
16/02/19 Persebaya 8-0 Persinga
23/12/18 Sumbawa Barat 2-4 Persebaya
08/12/18 Persebaya 1-0 PSIS
01/02/18 PSMS 4-0 Persebaya

Laga Terakhir Persidago
19/02/19 Persidago 1-4 Persebaya
08/02/19 Persipura 2-1 Persidago
28/01/19 Persidago 1-0 Persipura
20/01/18 Persidago 2-1 Matra

Perkiraan Susunan Pemain
Persebaya Surabaya: Miswar Saputra, Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Novan Setya Sasongko, Ruben Sanadi, Misbakhus Solikin, Damian Lizio, Manu Dzhalilov, M. Alwi Slamat, Oktafianus Fernando, Amido Balde
Asisten pelatih: Bejo Sugiantoro

Persidago Gorontalo: Mario Londok, Fahmid Polutu, M. Alfajrin Husni, Iqbal Pomou, Firman R. Pasi, Ismet Tahir, Yuaib Rauf, Ismunandar Monoarfa, Matris Tanani, Hariyanto Panto, Febriyanto Bagoe
Pelatih: Romi Malanua

Prediksi JawaPos.com:
Persebaya Menang: 80%
Persidago Menang: 10%
Imbang: 10%

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin