JawaPos.com – Persebaya Surabaya kembali pesta gol di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Kali ini tim berjuluk Green Force tersebut menumbangkan Persidago Gorontalo dengan skor 7-0. Kemenangan ini membawa Persebaya lolos ke perempat final Piala Indonesia.

Pada 15 menit awal babak pertama, tuan rumah sempat kesulitan menembus tembok pertahanan Persidago. Serangan yang mereka bangun selalu dikandaskan oleh pemain lawan. Sementara Persidago cukup percaya diri untuk mengancam dari skema counter attack.

Peluang hadir dari crossing Novan Sasongko pada menit ke-16. Namun sayang, bola yang disundul Manu Dzhalilov belum tepat sasaran.

Masuk menit 23, eks pemain Sriwijaya itu bisa menceploskan si kulit bundar. Namun gol dianulir, karena lebih dulu terjadi pelanggaran yang dilakukan Amido Balde kepada Matris Tanani.

Gol untuk Persebaya akhirnya hadir dari sepakan Balde pada menit ke-27. Setelah menerima through pass Dzhalilov, Balde sempat mengecoh satu bek Persidago sebelum menaklukkan Mario Londok. Persebaya unggul 1-0.

Kombinasi Dzhalilov-Balde kembali membuahkan gol di menit ke-29. Berawal umpan terobosan Damian Lizio kepada Dzhalilov, bola langsung dikirim lagi ke muka gawang. Di sana, Balde yang sudah menunggu langsung mengoyak gawang Persidago untuk kali kedua.

Memasuki menit 35, giliran Otavio Dutra yang mencetak gol. Sepak pojok Novan Sasongko berhasil ditanduk Balde. Akan tetapi si kulit bundar membentur tiang gawang. Bola rebound yang disambar Dutra berbuah gol ketiga untuk Persebaya.

Tak lama berselang, Hansamu Yama Pranata sukses memperbesar keunggulan. Tepatnya menit 38, ia mengubah skor jadi 4-0. Gol dicetaknya usai menerima umpan free kick Damian Lizio. Ini merupakan gol perdana yang dibuat Hansamu untuk Persebaya.

Damian Lizio sendiri tidak mau kalah. Dia ikut menyumbang angka pada menit 45. Setelah mendapatkan umpan dari Ruben Sanadi, Lizio dengan tenang menjebol gawang Persidago. Skor 5-0 bertahan hingga jeda pertandingan.

Di babak kedua, Persebaya kembali mengamuk. Amido Balde mencetak hattrick pada menit ke-56. Ia memaksimalkan kemelut di muka gawang Persidago untuk membawa timnya unggul 6-0.

Persebaya memiliki banyak peluang untuk menambah gol di paruh kedua laga. Pelatih Djadjang Nurdjaman menambah daya serang dengan memasukkan Alwi Slamat, Nelson Alom, dan Rendi Irwan Saputra.

Hasilnya sangat positif. Amido Balde berhasil mencetak gol keempatnya di pertandingan ini. Berawal dari crossing Alwi Slamat, sundulan Balde meluncur masuk ke gawang Persidago. Skor 7-0 untuk kemenangan Persebaya tak berubah hingga laga usai. Berkat hasi ini, Persebaya lolos ke perempat final dengan keunggulan agregat 11-1.

Susunan pemain
Persebaya Surabaya: Abdul Rohim, Hansamu Yama Pranata, Otavio Dutra, Novan Setya asongko, Ruben Sanadi, Misbakhus Solikin, Damian Lizio, Manu Dzhalilov, Elisa Basna, Oktafianus Fernando, Amido Balde.
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persidago Gorontalo: Mario Londok, Fahmid Polutu, M. Alfajrin Husni, Ismail Adam, Firman R. Pasi, Ismet Tahir, Yuaib Rauf, Ismunandar Monoarfa, Matris Tanani, Hariyanto Panto, Febriyanto Bagoe
Pelatih: Romi Malanua

Wasit: Fariq Hitaba (Jogjakarta)

Penonton: 10.430

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Muhammad Syafaruddin