JawaPos.com – Kabar cukup mengejutkan datang dari tim nasional bulu tangkis Jepang. Pelatih kepala ganda putra Jepang asal Indonesia Reony Mainaky memutuskan mundur dari jabatannya tersebut.

Dilansir dari nhk.or.jp, Reony yang sudah menukangi timnas Jepang selama lebih dari satu dekade disebutkan akan segera meninggalkan Negeri Matahari Terbit terhitung bulan depan.

Reony sendiri dikabarkan akan kembali ke Indonesia. Namun, belum diketahui lebih lanjut dirinya akan meneruskan karirnya sebagai pelatih di Indonesia atau tidak.

Hal ini tentunya menjadi PR sendiri buat Asosiasi Bulu Tangkis Jepang (NBA). Dengan sisa waktu yang ada jelang Olimpiade Tokyo 2020, mereka harus segera mencari pengganti Reony untuk menukangi dan mempertahankan pencapaian para pemain ganda putra Jepang agar bisa lolos kualifikasi.

Untuk diketahui, Reony merupakan salah satu pelatih yang ikut membesarkan bulu tangkis Jepang. Kakak kandung Rexy Mainaky itu berhasil membuat ganda putra Jepang menjadi salah satu yang terbaik di antara semua pasangan seluruh dunia. Jepang saat ini memiliki tiga pasangan ganda putra yang bercokol di jajaran top 10 dunia, yakni Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (ranking 3), Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (ranking 5), dan Takuto Inoue/Yuki Kaneko (ranking 10).

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi