JawaPos.com – Bek Persebaya Surabaya asal Brasil, Otavio Dutra segera disahkan sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). Mantan penggawa Persipura Jayapura itu mengaku sudah sangat hafal dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Proses naturalisasi Dutra memang belum final. Akan tetapi sudah memasuki tahap akhir. Dalam waktu dekat Dutra akan disahkan sebagai WNI. Artinya, dia akan terhitung sebagai pemain lokal di skuad Persebaya.

“Proses itu masih berjalan. Puji Tuhan karena proses berjalan dengan baik. Doakan semoga ini bisa terjadi,” ungkap Dutra menjawab pertanyaan JawaPos.com, Kamis (21/2) sore di Lapangan Polda Jawa Timur (Jatim).

Persebaya Surabaya, Otavio Dutra, WNI, Indonesia, Brasil

Otavio Dutra sudah tak sabar menjadi WNI (Official Persebaya)

Proses naturalisasi Dutra tidak terjadi secara instan. Menurut catatan JawaPos.com, Dutra sudah mengajukan diri menjadi WNI sejak 2017 lalu. Ketika itu dia masih berstatus sebagai penggawa Bhayangkara FC.

Setelah dua tahun berjalan, Dutra akhirnya bisa bernapas lega. Harapannya menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan menjadi kenyataan. “Saya sangat senang karena kemarin diterima Pak Menpora Imam Nahrawi,” imbuhnya.

Dutra juga berucap banyak terima kasih kepada Presiden Klub Persebaya Azrul Ananda. Sebab, Azrul memiliki jasa besar dalam proses dirinya menjadi WNI. “Tanpa beliau saya tidak bisa apa-apa. Semoga dalam waktu dekat saya bisa menjadi WNI,” tutup Dutra.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin