JawaPos.com – Kekalahan 0-1 di kandang sendiri, Stadion Surajaya, jelas bukan modal bagus bagi Persela Lamongan. Karena, Laskar Joko Tingkir kini harus away ke kandang Bali United, Stadion Kapten I Wayan Dipta dalam leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia, Jumat (22/2) malam.

Sudah begitu, Persela kemungkinan tak bisa tampil dengan skuad lengkap. Gelandang serang impor Jose Sardon diragukan bisa tampil. Pemain asal Argentina itu menderita cedera engkel kaki kanan. Cedera itu didapat kala Persela bentrok kontra Bali United di leg pertama.

Meski dalam kondisi cedera, pemain 29 tahun itu tetap dibawa ke Bali. Skuad Persela memang sudah tiba di Gianyar, Bali, Rabu (20/2) kemarin.

“Karena Sardon mengaku kondisinya mulai membaik, jadi kami bawa ke Bali. Kami lihat perkembangan kondisinya sampai besok (hari ini, red) seperti apa. Kalau bagus, ya ada kans diturunkan,” kata asisten pelatih Persela Danur Dara kepada Jawa Pos. 

Kalaupun tak bisa tampil, Danur mengaku sudah punya opsi lain. Gelandang muda Hambali Tolib disiapkan sebagai ganti Sardon. Meski masih muda, performa Hambali juga cukup oke. Buktinya, dia mampu mencetak satu gol kala Persela menang 3-1 atas Persik Kendal di babak 32 besar (26/1) lalu.

Selain Sardon yang masih diragukan, kekuatan lini tengah Persela pun kian terkikis kala Ahmad Subagja Baasith dipastikan absen. Sama dengan Sardon, pemain 22 tahun itu mengalami cedera.

Bedanya, cedera Baasith lebih parah. Sehingga dia tidak dibawa ke Bali. Meski begitu, untuk gelandang bertahan, Persela masih memiliki gelandang asal Jepang, Kei Hirose. 

Tapi, masalah yang ada bukan hanya di dalam lapangan. Laskar Joko Tingkir juga dipastikan tanpa sang pelatih Aji Santoso. Pelatih 48 tahun itu harus mengikuti modul ke-6 lisensi kepelatihan AFC Pro di Malang.

Karena itu, skuad Laskar Joko Tingkir akan dipimpin Danur kala bentrok kontra Bali United, di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, besok. Meski begitu, Danur memastikan kehilangan Aji tak akan jadi masalah.

“Karena kami kan selama ini memang masih dapat arahan dari coach Aji,” terangnya.

Nah, kondisi ini jelas berbeda dengan Bali United. Mereka bisa tampil dengan skuad terbaik. Pelatih Stefano Cugurra bisa mendampingi tim. Belum lagi mereka bakal didukung penuh oleh Semeton Dewata -julukan fans Bali United.

Danur sadar kondisi tuan rumah lebih di atas angin. “Tapi kami sudah belajar dari leg pertama lalu. Dari segi permainan kami mampu mengimbangi. Hanya kami kurang beruntung dalam penyelesaian akhir. Itu yang akan kami benahi,” tegas Danur.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : (gus)