JawaPos.com Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI Susy Susanti menilai bulu tangkis Indonesia akan sangat diuntungkan jika berhasil menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Pernyataan Susy tersebut mengacu pada keberhasilan Merah Putih di Asian Games 2018 lalu.

Seperti yang sudah diketahui, Indonesia sukses tampil gemilang di Asian Games 2018. Mereka menyabet dua medali emas dari tangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan tunggal putra Jonatan Christe. Menurut Susy, keberhasilan itu tidak lepas dari faktor status tuan rumah.

“Yang pasti sebagai tuan rumah kita akan jauh diuntungkan. Venue-nya kita sudah hafal. Adaptasi juga akan jauh lebih mudah, dukungan penonton juga akan menguntungkan bagi kita,” ujar Susy, Kamis (21/2).

Peraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 itu juga menambahkan bahwa jika nantinya Indonesia betul menjadi tuan rumah, maka bukan tidak mungkin pencapaian di Asian Games 2018 lalu bisa kembali terulang, walaupun komposisi atlet yang turun pasti sudah berbeda.

“Ya mungkin saja (mengulang prestasi Asian Games 2018, Red). Yang jelas fasilitas yang ada sekarang harus dicukupkan dengan standari Olimpade. Jangan sampai kita sebenarnya nggak siap tapi memaksakan diri. Nanti jadi kacau balau juga,” kata Susy.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi