JawaPos.com – Manajemen klub-klub peserta Liga 1 mulai terang-terangan mengusulkan sejumlah nama bakal calon ketum PSSI. Usulan mencuat setelah jabatan tertinggi dalam struktural induk organisasi sepak bola Indonesia tersebut secara definitif kosong.

CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin misalnya, mengusulkan salah satu dari sekian nama yang belakangan dikait-kaitkan erat sebagai pengganti Plt Ketum PSSI, Joko Driyono yang saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka.

“Kami butuh sosok yang tegas, yang punya integritas, yang bersih, yang punya pengalaman membangun organisasi dan bisa dekat dengan insan sepak bola. Itu di kepala saya, sosoknya adalah Pak Budi Waseso,” terang Munafri, Kamis (21/2).

Munafri menilai Buwas, sapaan Budi Waseso, yang merupakan mantan Kabareskrim, punya citra yang tepat untuk memimpin jalannya roda organisasi PSSI. Menurut Munafri, selain memiliki karakter kepemimpinan yang tegas, Buwas juga cakap dan paham tentang kondisi persepakbolaan tanah air.

“Pak Budi layak untuk memimpin PSSI. Sosok seperti beliau itu tepat. Lihat saja, dimana beliau bekerja selalu maksimal. Beliau punya daya dobrak, tidak main-main. Yang salah dihabisin. Seperti itu. Karena ini (pengaturan skor) harus dibersihkan sampai akar-akarnya,” tegasnya.

Munafri yang akrab disapa Appi tersebut berpendapat, di tubuh PSSI khususnya mereka yang menjabat sebagai Exco juga punya potensi untuk menjabat sebagai pemimpin tertinggi PSSI. Namun, tidak semua mempunyai kapabilitas dan kapasitas yang tepat. Sesuai dengan syarat-syarat dalam aturan untuk menjadi ketum.

“Banyak memang yang bisa menjadi ketum PSSI. Tapi, ingat ada yang mendasar yang harus dipenuhi. Maka dari itu, kami akan pilih, kami akan lihat karena begitu banyak orang-orang yang berintegritas. Tapi di kepala saya, yang tepat itu Pak Budi,” tegasnya.

Nama lain yang acap dikait-kaitkan sebagai ketum PSSI di antaranya seperti Erick Thohir, Agum Gumelar, hingga Wakil Ketua Tim Satgas Antimafia Bola, Brigjen Krishna Murti.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Sahrul Ramadan