JawaPos.com – Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow bukan menjadi pasangan yang diprioritaskan untuk lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 lantaran masih merupakan pasangan anyar. Walau demikian, Owi mengaku tetap bertekad bisa tembus kualifikasi dan kembali berlaga di multi-event terbesar di dunia itu.

Untuk diketahui, PBSI sudah memberikan Surat Keputusan (SK) Prioritas kepada beberapa atlet yang difokuskan untuk tembus ke Olimpiade Tokyo 2020. Di sektor ganda campuran, dua pasangan yang mendapat SK Prioritas adalah Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melatih Daeva Oktavianti. Owi tidak mendapat SK tersebut karena baru saja ditinggal oleh partnernya, Liliyana Natsir yang memutuskan pensiun akhir Januari lalu.

Meski demikian, Owi tak lantas pasrah. “Pasti target saya ke Olimpiade. Walaupun tidak diprioritaskan, tapi saya mau berusaha dulu,” kata Owi, Rabu (20/2).

Owi menyadari bahwa perjuangannya untuk lolos kualifikasi Olimpiade tidak akan mudah. Sebagai senior, ia harus membimbing Winny yang masih junior untuk bersaing di ketatnya peta pertempuran ganda campuran saat ini.

“Saya mau maksimal dari segi latihan dan pertandingan, supaya tidak menyesal kalau akhirnya tidak bisa lolos kualifikasi Olimpiade,” sambung Owi.

Saat ini Owi/Winny tengah menjalani turnamen pertamanya di Spain Masters 2019. Dalam pertandingan pertama pada Selasa (19/2) kemarin, mereka berhasil mengalahkan Jones Rafly Jansen/Kilasu Ostermeyer (Jerman) dengan skor 21-19 dan 21-18.

Berkaca dari penampilan kemarin, Owi merasa permainannya dan Winny masih harus diperbaiki lagi. “Seharusnya poinnya tidak seketat ini. Kami masih banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri yang seharusnya tidak perlu. Masih banyak yang perlu ditingkatkan terutama dari segi kekompakan dan cara mainnya,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi