JawaPos.com – Panpel Piala Presiden 2019 membantah kalau turnamen ini digelar karena berkaitan isu politik. Hal tersebut karena rakyat Indonesia akan menggelar pesta demokrasi yakni pileg dan pilpres pada April 2019 mendatang.

Sebelumnya memang ada yang beranggapan kalau turnamen ini digelar karena berkaitan dengan pilpres. Sebab, Liga 1 2019 saja diundur karena menghormati pesta demokrasi tersebut.

Namun demikian, Piala Presiden justru tetap digelar. Kondisi itu membuat banyak yang bertanya terkait dengan isu politik di balik turnamen ini.

“Kecanggihan teknologi membuat berita yang tersebar sebelum dikonfirmasi. Saya sebagai wakil ketum PSSI dan ketua OC menjelaskan, ini gelaran keempat, dan selalu digelar 1 atau 2 bulan sebelum kompetisi resmi,” ungkap Iwan Budianto.

Menurutnya, turnamen ini sifatnya pramusim sebelum Liga 1. Gelaran ini dihelat untuk mencoba para pemain baru sebelum dikontrak secara permanen.

“Kenapa sekarang jelang pilpres? Ini pramusim buat Liga 1. Tak mungkin turnamen pramusim setelah kompetisi berjalan. Tak ada yang sifatnya politis. Ini murni mempersiapkan seluruh peserta,” tandas Iwan.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Indra Eka Setiawan