JawaPos.com – Terlepas dari empat gol yang dicetak ke gawang Persinga Ngawi, Sabtu (16/2) sore WIB, permainan Amido Balde masih jauh dari harapan. Balde tampak ngos-ngosan, lambat, dan acap kali kalah duel dengan pemain Persinga.

Balde datang ke Persebaya Surabaya dengan harapan bisa menggantikan posisi striker utama David da Silva yang hengkang ke Korea Selatan. Debut Balde berjalan mulus. Dia mengemas empat gol atau quatrick ke gawang Persinga, Sabtu (16/2) sore.

Walaupun demikian, permainan mantan striker Celtic FC belum sesuai harapan. Selain lambat, Balde juga malas turun untuk membantu timnya ketika ditekan lawan. Sekilas, Balde hanya mampu mengonversi gol dari bola-bola matang.

Pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman memberikan pembelaan. Menurut pria yang akrab disapa Djanur ini, Balde dalam kondisi yang belum fit 100 persen. Hal inilah yang mendasari Djanur untuk menggantikan Balde dengan Hidayat pada menit ke-72

“Sampai dengan hari ini dia sebenarnya belum fit secara kondisi fisik. Kalau soal kecepatan, ketika kondisinya prima saya pikir dia akan lebih cepat dari David da Silva,” ulas mantan pelatih Persib Bandung ini.

Meski masih banyak kekurangan, Djanur tetap puas dengan penampilan striker asal Guinea-Bissau tersebut.

“Kondisi fisiknya memang belum prima. Melawan Persinga juga dipaksa bermain lebih dari 70 menit. Saya cukup surprise karena dia bisa bermain seperti itu. Apalagi cuaca menjadi kendala buatnya,” tutup Djanur.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Muhammad Syafaruddin