JawaPos.com – Pertandingan babak 32 besar Piala Indonesia 2018 antara Persebaya Surabaya melawan Persinga Ngawi akhirnya terjadi. Partai yang sempat mengalami empat kali penundaan jadwal itu akan dilangsungkan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Sabtu (16/2) pukul 15.30 WIB.

Jadwal pertandingan Persebaya melawan Persinga memang sempat tidak jelas rimbanya. Green Force-julukan Persebaya-seharusnya sudah melawan Persinga pada 22 Januari dan 30 Januari lalu.

persebaya surabaya

Misbakus Solikin jadi langganan cetak gol ke gawang Persinga. (Official Persebaya)

Kemudian berubah menjadi 30 Januari dan 7 Februari. Berubah lagi menjadi 5 Februari dan 9 Februari. Setelah itu, muncul sebuah informasi bahwa laga ini dilangsungkan 9 Februari dan 12 Februari.

Pada akhirnya pertandingan ini dilangsungkan 16 Februari. Akan tetapi, tidak seperti laga-laga lainnya di babak 32 besar yang berlangsung dua leg, partai Persebaya kontra Persinga mengusung sistem single match. Pemenang laga ini akan lolos ke babak 16 besar.

Pelatih kepala Persebaya Djadjang Nurdjaman mengaku lega dengan kepastian jadwal babak 32 besar Piala Indonesia. Menurut Djadjang, penundaan hingga empat kali berbuah hikmah untuk Persebaya.

Berkat penundaan jadwal, Persebaya bisa menurunkan seluruh penggawa terbaiknya melawan Persinga. Para pemain-pemain baru seperti Amido Balde, Hansamu Yama Pranata, Manu Dzhalilov, hingga Novan Setya Sasongko dipastikan dapat tampil.

“Tidak ada istilah pemain cadangan dan inti. Kami ingin menurunkan tim yang terbaik karena kami bertekad untuk meraih tiket ke 16 besar. Tiga pemain asing kami juga sudah sah dan bisa dimainkan,” ujar Djanur-sapaan akrabnya.

Dengan materi Persebaya yang full team, maka pertandingan dengan Persinga bisa berjalan terlampau mudah bagi Green Force. Apalagi, selain menurunkan kekuatan penuh, Persebaya juga bermain di depan Bonek.

Bukan rahasia umum apabila aksi-aksi Bonek di lapangan tak ubahnya teror bagi tamu yang melawat ke Stadion GBT. Termasuk Persinga. Pada kompetisi Liga 2 2017, Persebaya membantai Persinga dengan skor 4-0 di Stadion GBT.

Walaupun diunggulkan karena memiliki potensi untuk menggunduli Persinga, Persebaya tak besar kepala. Mereka tak mau seperti Persipura Jayapura yang disingkirkan klub Liga 3 Persidago Gorontalo.

“Ini adalah kompetisi, jadi yang kami kejar adalah kemenangan. Persoalannya ada di tim kami. Kalau tim kami tidak meremehkan lawan, kami bisa meraih hasil yang lebih baik. Jangan ada perasaan meremehkan sedikit pun,” pinta Djanur.

Persinga sendiri tidak memiliki target muluk pada pertandingan melawan Persebaya. Menurut asisten pelatih Persinga Sigit Wicaksono, pertandingan ini hanya sekadar persiapan sebelum Liga 3 dimulai.

“Kami tidak ada persiapan khusus. Ini adalah persiapan untuk menuju Liga 3. Kami bukan pasrah lawan Persebaya. Apa pun hasilnya, kita di lapangan,” tutupnya.

Pertemuan Terakhir
15/07/17: Persinga 1-1 Persebaya
14/09/17: Persebaya 4-0 Persinga

Perkiraan susunan pemain
Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Novan Setya, Otavio Dutra, Hansamu Yama, Ruben Sanadi; Fandi Eko Utomo, Misbakus Solikin, Manuchekhr Dzhalilov; Oktafianus Fernando, Amido Balde, Irfan Jaya
Pelatih: Djadjang Nurdjaman

Persinga Ngawi (4-4-2): Junaidi; Ahmad Fauzi Abdillah, Marten Reyler, M. Rifaldi, Rully Aditya; Rachmad Sucipto, Ariel Saron, Richard Arbed Anderson, M. Kevy Syahertian; M. Irman, Slamet Hariyadi 
Pelatih: Fahmi Amirudin

Prediksi JawaPos.com
Persebaya menang: 80 %
Persinga menang: 15 %
Imbang: 5 %

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Muhammad Syafaruddin