JawaPos.com – Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi meminta kepada seluruh cabang olahraga untuk lebih mandiri dalam mempersiapkan SEA Games 2019. Meski dana operasional dari pemerintah belum cair, para cabor diminta untuk tetap melakukan pelatnas sementara dengan dana pribadi.

Seperti diketahui sebelumya, Kemenpora berencana akan mencairkan dana pelatnas untuk try out dan training camp pada bulan Januari, lalu. Namun hingga saat ini dana tersebut belum kunjung dicairkan.

Imam menuturkan, sembari menunggu proses verifikasi pencairan dana, ia berharap cabang-cabang olahraga sementara ini tidak bergantung dengan pencairan tersebut.

“Ini kan nggak semua bergantung kepada pemerintah. Cabor juga bisa lebih awal menyiapkan dana secara mandiri. Jangan semua bergantung pada pemerintah,” ujar Imam di kantornya, Jumat (15/2).

Imam menegaskan bahwa pemerintah pasti akan mencairkan dana tersebut setelah proses verifikasi selesai. “Saya minta semua cabor tetap lakukan pelatnas sambil kami berupaya membantu dan memfasilitasi agar proses lebih cepat,” kata Imam.

SEA Games 2019 sendiri akan berlangsung pada 30 November hingga 11 Desember, mendatang. Sebanyak 521 nomor dari 56 cabang olahraga akan dipertandingan di Filipina nanti.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi