JawaPos.com – Mantan pebulu tangkis putra Indonesia Flandy Limpele resmi menjadi salah satu pelatih India mulai tahun ini. Peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004 di nomor ganda putra itu direkrut oleh pelatih kepala tim nasional bulu tangkis India Pullela Gopichand untuk menangani sektor ganda.

Kiprah Flandy ini pun mendapat apresiasi dari pelatih ganda campuran junior PBSI Vita Marissa. Vita, yang pernah menjadi partner Flandy di nomor ganda campuran, meyakini bahwa Flandy merupakan sosok yang cocok menjadi pelatih.

Menurut Vita, Flandy memiliki modal segudang pengalaman semasa menjadi pemain dulu. Terkhir, mantan partner pelatih ganda putri PBSI Eng Hian itu punya rekam jejak melatih sekaligus bermain di salah satu klub bulu tangkis Jepang, Hitachi pada tahun 2011.

“Dia memang sebelumnya juga pernah melatih di Jepang juga. Dia sudah pernah dipercaya beberapa negara untuk melatih, jadi harusnya dia bisa berkarir di India,” kata Vita saat dihubungi, Rabu (13/2).

Meski belum pernah melihat secara langsung Flandy melatih, namun Vita meyakini bahwa Flandy yang memiliki kemampuan membaca pergerakan lawan dengan cepat itu punya karakter yang kuat sebagai seorang panutan.

“Jadi pemain dan jadi pelatih itu pasti akan beda kualitasnya. Tapi kalau secara kualitas manuasianya sendiri, Flandy sudah nggak diragukan lagi,” tutup Vita.

Di India, Flandy nantinya akan mendampingi pelatih asal Korea Selatan Kim Tan Her yang sudah lebih dulu berkarir di India.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi