JawaPos.com – Kabar mengejutkan datang dari dunia renang. Perenang putri asal Jepang Rikako Ikee disebutkan tengah menderita penyakit leukimia, atau yang lebih populer dengan istilah kanker darah.

Rikako, yang dinobatkan sebagai most valuable player Asian Games 2018 setelah menyabet enam medali emas, menyampaikan langsung hal ini melalui akun Instagram pribadinya @ikee.rikako. Dengan unggahan gambar karangan bunga berwarna-warni, Rikako menceritakan bagaimana awalnya ia didiagnosis penyakit tersebut.

Rikako mengatakan, awalnya ia tiba-tiba merasa kelelahan yang tidak biasanya saat sedang menjalani training camp di Australia. Karena hal tersebut, perenang berusia 18 tahun itu terpaksa dipulangkan ke Tokyo untuk menjalani pemeriksaan lanjutan. Hasil pemeriksaan pun menunjukkan fakta yang membuatnya sedih.

“Saya didiagnosis terkena leukimia saat sedang berada di Australia. Rasanya tidak percaya waktu mendengarnya. Sekarang ini adalah masa-masa sulit buat saya,” ujar Rikako.

Meski demikian, Rikako tidak lantas terbenam di dalam kesedihan yang berlarut-larut. Ia bertekad melawan sakitnya itu dengan melakukan pengobatan intensif. 

“Penyakit ini bisa sembuh lewat pengobatan yang solid dan rutin. Karenanya, untuk saat ini sampai beberapa waktu ke depan, saya akan beristirahat dulu dari semua kejuaraan untuk fokus penyembuhan. Terima kasih atas semua dukungan yang kalian berikan,” ujarnya lagi.

Rikako merupakan atlet yang paling bersinar di Asian Games 2018. Ia meraih total delapan medali, dan enam diantaranya adalah medali emas. Adapun enam medali emas yang ia raih adalah dari nomor 50 dan 100 meter gaya kupu-kupu putri, 50 dan 100 meter gaya bebas putri, 4×100 meter gaya bebas estafet putri, serta 4×100 meter gaya ganti putri.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi