JawaPos.com – Administrator harian Srikandi Cup 2018/2019 Theodore Wira Adi mengatakan pihaknya sudah meningkatkan standarisasi medis di seri 2 yang akan berlangsung di GOR Grogol pada 11-16 Februari. Standarisasi medis ditingkatkan untuk melakukan penanganan cepat bagi para atlet yang mengalami cedera serius.

Theo menyebutkan pihaknya mempelajari kekurangan tingkat keamanan medis dari seri pertama tahun lalu. “Keselamatan pemain adalah prioritas kami. Ada tenaga medis disisi lapangan dan sekarang kita juga ada mobil ambulans,” kata Theo di Jakarta, Senin (11/2).

Selain itu, Theo menuturkan bahwa panitia Srikandi Cup juga sudah melakukan kerja sama dengan rumah sakit terdekat dari GOR Grogol. “Sudah kita survei rumah sakit mana yang bisa menangani cedera atlet dengan waktu yang cepat. Itu juga salah satu alasan kami memilih GOR Grogol,” paparnya.

Meskipun minim benturan seperti para pemain di Indonesian Basketball League (IBL), Theo menjelaskan bahwa cedera yang dialami banyak pemain basket putri juga tidak kalah parahnya. “Cedera yang terjadi itu biasanya tanpa benturan (fisik antar pemain, Red). Tetapi parah. Penanganannya pun jadi beda,” tutupnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : Isa Bustomi