JawaPos.com – Legenda Liverpool, Vladimir Smicer mampir ke Jakarta untuk memberikan sesi pelatihan kepada pelajar U-12 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2). Di tengah memberikan pelatihan tersebut, persepak bola asal Republik Ceko ini juga memberikan tips untuk bisa menjadi pemain profesional.

Vladimir Smicer saat ini sedang mengunjungi Jakarta sejak Kamis (7/2) kemarin. Smicer diundang untuk mengisi acara yang diinisiasi AXA Mandiri. Selama di Jakarta dia memberikan coaching clinic untuk para pelajar dan pemain muda Indonesia.

Di hadapan para pelajar, pesepakbola yang pernah memperkuat Liverpool selama enam musim ini juga membagikan tips. Terutama untuk membantu para pemain muda bisa melaju ke jenjang profesional.

“Untuk menjadi pemain profesional, dibutuhkan kerja keras. Juga Memiliki fisik dan mental yang kuat. Di sisi lain juga harus melakukan latihan rutin dan asupan makanan (yang bergizi),” kata Smicer.

Menurut Smicer hal tersebut yang dilakukannya saat ingin menjadi pemain sepak bola profesional. Sejak usia 6 tahun dia telah mengenal dunia sepak bola. Pada usia sekitar 14 tahun dia memutuskan untuk mematangkan karirnya.

“Pada 18 tahun akhirnya saya memutuskan untuk menandatangani kontrak bersama klub sepak bola dan mengalahkan keinginan kuliah,” paparnya.

Selepas keputusannya tersebut, Vladimir tetap disiplin mengatur hidupnya. Dia pun rutin menjaga kondisi tubuhnya dengan berolahraga di luar dari sepak bola. Seperti renang hingga bulu tangkis.

“Karena olahraga adalah hidup saya. Saya selain menjadi pemain sepak bola, juga melakukan kegiatan olahraga lainnya. Seperti main hoki es, tenis, renang, dan badminton untuk menjaga stamina,” tutupnya. 

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Isa Bustomi