JawaPos.com – Ratusan atlet dari berbagai daerah mengikuti Kejuaraan Nasional Panjat Tebing di Mako Brimob Polda Sumut, Minggu (3/2). Mereka memperebutkan Piala Kapolda Sumatera Utara, Irjen Agus Andrianto dan hadiah uang dengan total Rp 100 juta.

Para atlet yang bertanding akan beradu cepat di nomor Speed World Record. Sejumlah nama atlet panjat tebing kenamaan juga ikut dalam kompetisi itu. “Ini adalah janji saya kepada para atlet untuk membuat Kejuaraan Nasional. Ini untuk mengisi aktivitas masyarakat. Kita mencari bibit-bibit olahragawan panjat tebing yang berprestasi,” kata Agus.

Kejurnas kali ini juga diikuti para atlet yang berlaga di Asian Games 2018. Mereka adalah Rindi Suprianto, Abudzar, dan Rajiah Salsabillah yang merupakan peraih medali emas Asian Games 2018 untuk nomor Speed World Record.

Dalam kejuaraan ini para atlet berlomba memanjat rangkaian dinding berketinggian 15 meter dengan tingkat kemiringan 5 derajat.  Untuk para atlet putra target waktu rekor nasional yang harus dipecahkan adalah 5,70 detik untuk atlet putra dan 7,62 detik untuk atlet putri.

Selain diikuti para atlet, para pelajar dan komunitas pencinta alam juga ikut berkompetisi. Bahkan sejumlah personel Brimob juga tak mau kalah untuk ikut bertanding.

Terpisah, Komandan Satuan Brimob Polda Sumut Kombes Djadjuli mengatakan kegiatan panjat tebing ini akan dilakukan rutin di Mako Brimob. Karena panjat tebing juga meningkatkan kemampuan personel untuk bertugas di kawasan bencana.

“Kami berencana membuat kejuaraan ini menjadi event tahunan. Kami berharap bisa mencetak bibit-bibit atlet dari Sumatera Utara. Kita akan mendidik dari pelajar. Kalau teman-teman jurnalis mau ikut juga boleh,” tandasnya.

Editor           : Banu Adikara
Reporter      : prayugo utomo