JawaPos.com – Sempat dikhawatirkan tak bisa tampil di ajang AFC Cup 2019, status Eero Markkanen mendapat kejelasan. Manajemen PSM Makassar yakin bisa memainkan eks striker Real Madrid Castilla itu di penyisihan grup ajang antarklub Asia tersebut.

“Itu berdasar regulasi yang dikeluarkan AFC terkait International Transfer Certificate (ITC). Ada poin yang mengatur pasal tentang ITC di AFC Cup 2019” beber Sekretaris PSM, Andi Widya Syadzwina, dalam keterangan resmi, Kamis (24/1).

Striker Timnas Finlandia itu sebelumnya terkendala masalah administrasi karena belum memiliki dokumen tranfer resmi ke Liga Indonesia. Terlebih statusnya adalah pemain baru yang baru musim ini bakal berkiprah di kompetisi Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, pemain berusia 27 tahun itu bahkan sama sekali belum pernah mencicipi bermain di Asia. Perempuan yang akrab disapa Wina itu memaparkan bagian mendasar dari regulasi yang menjelaskan tentang ITC.

Dalam regulasi disebutkan bahwa untuk klub yang bermain langsung di fase grup, harus menuntaskan salinan ITC atau membuktikan ITC pemain telah dikeluarkan. Hal itu merujuk sesuai dengan peraturan FIFA dan disampaikan melalui sistem online AFCAS selambat-lambatnya tujuh hari sebelum pertandingan pertama di penyisihan grup.

Berdasar itu, Markkanen terancam tak bisa dimainkan di ajang AFC Cup 2019. “Jadi, meski pendaftaran pemain untuk AFC Cup batas akhirnya 28 Januari dan bursa transfer di Indonesia dibuka pada 15 Februari, sesuai dengan regulasi tersebut, tidak ada masalah dengan Markkanen. Dia bisa bermain untuk PSM di AFC Cup sejak laga pertama pada 27 Februari mendatang,” pungkas Wina.

Editor           : Edy Pramana
Reporter      : Sahrul Ramadan