JawaPos.com – Barcelona berhasil balas dendam atas Leganes. Pada Senin (21/1) dini hari WIB, Los Blaugrana menyudahi pertandingan dengan kemenangan 3-1.

Dalam bentrokan sebelumnya, Barcelona dipaksa menelan hasil buruk. Hal tersebut menjadi sebuah kejutan, mengingat Leganes hanyalah tim yang berkutat di papan bawah klasemen La Liga.

Di pertandingan ini, Barcelona langsung menekan sejak menit awal. Mereka tidak membiarkan para pemain Leganes mendapatkan bola. Bahkan tim asuhan Ernesto Valverde itu kerap memberikan tekanan-tekanan yang mematikan pada lini pertahanan lawannya. Hal tersebut akhirnya membuahkan keberhasilan. Tepat di menit ke-32, Barca mampu mencetak keunggulan.

Gol tersebut didapat berkat kerja sama apik antara Ousmane Dembele dengan Jordi Alba. Melalui operan satu-dua di depan gawang, Dembele mampu melepaskan tembakan yang tidak dapat dihentikan Pichu Cuellar.

Meski sudah unggul, Barcelona tidak lantas luas. Mereka justru semakin gencar melakukan serangan. Sayangnya hal tersebut tidak membuahkan hasil. Pertahanan Leganes dapat membungkam tekanan-tekanan itu. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barcelona kembali melancarkan gaya permainan agresif. Mereka juga dapat menciptakan peluang-peluang emas untuk menggandakan kedudukan. Sayangnya pada menit ke-57 Barcelona melakukan kesalahan fatal yang berakibat Leganes dapat mencetak gol penyeimbang.

Ketika itu Jordi Alba melakukan kesalahan sehingga menciptakan bola liar. Hal itu langsung dimanfaatkan oleh Youseff En-Nesyri. Dia lantas memberikan umpan akurat kepada Martin Braithwaite yang berada di dekat gawang. Tanpa ragu, sang pemain langsung mengkonversi umpan itu menjadi tendangan yang mematikan.

Melihat hal tersebut, Barcelona langsung meradang. Mereka seolah tidak menerima tim papan bawah mencetak gol ke dalam gawangnya. Mereka langsung merobek kembali gawang Leganes dengan dua gol.

Skor berubah 2-1 lewat aksi Luis Suarez di menit 77. Gol tercipta saat Suarez berhasil menyodok bola yang memantul dari tangan Cuellar.

Sedangkan gol berikutnya dibuat Lionel Messi pada menit perpanjangan waktu. Berawal dari operan akurat Alba, Messi dapat kembali menambah pundi-pundi skor bagi Barcelona. Gol itu sekaligus menjadi penutup jalannya laga kali ini.

Susunan pemain
Barcelona: Ter Stegen; Jordi Alba, Vermaelen, Pique, Sergi Roberto; Arthur (Rakitic 64′), Sergio Busquets, Carles Alena (Messi 64′); Philippe Coutinho, Luis Suarez, Dembele (Malcom 69′).

Leganes: Piccu Cuellar; Siovas, Omeruo, Rodri Tarin, Silva, Nyom; En-Nesyri, Mike Vesga (Eraso 86′), Recio, Rodriguez (El Zhar 86′); Braithwaite (Michael Santos 78′).

Editor           : Bagusthira Evan Pratama
Reporter      : Bintang Rahmat