Djanur Kesulitan Cari Alasan untuk Istirahatkan M Syaifuddin

127

JawaPos.com – Penampilan ciamik M Syaifuddin dalam beberapa laga Persebaya Surabaya terakhir membuat sang pelatih dilanda kebingungan. Djadjang Nurdjaman, sang pelatih, tak bisa menemukan alasan yang bisa membuat pos bek kanan tak diperkuat Syaifuddin.

Djadjang Nurdjaman sepertinya sudah mantap dengan komposisi lini pertahanan Persebaya. Termasuk dengan menjadikan Syaifuddin sebagai starter di posisi bek kanan.

”Sampai pertandingan kedua kemarin tidak ada masalah, Syaifuddin tampil bagus. Tidak ada alasan untuk mengganti dia,” ujar Djanur-sapaan akrab Djadjang.

Turun sebagai bek kanan di dua laga terakhir Syaifuddin memang membukukan statistik penampilan yang menawan. Pemain bernomor punggung 29 itu, rata-rata mencatat tiga intersep dan dua sapuan dalam setiap laga. Persentase tekel suksesnya juga mencapai 71 persen.

Sedangkan Abu Rizal yang sebelumnya kerap diplot sebagai bek kanan, hanya menciptakan rata-rata dua intersep di setiap laga. Keberhasilan tekelnya juga masih di bawah Syaifuddin dengan 59 persen. Sisi plusnya, Rodeg-sapaan Abu Rizal-punya kemampuan naik untuk membantu serangan.

”Pemain depan kami bisa melakukan aksi individu. Jadi, kadang tidak memerlukan overlap. Tidak ada masalah apabila Syaifuddin yang turun,” kata pelatih asal Majalengka itu.

Hari ini, skuad Persebaya sudah terbang ke Bali untuk menantang Bali United, Minggu (18/11). Mereka datang dengan percaya diri setelah meraih hasil apik di dua laga sebelumnya. Yakni menang 3-0 atas Persija Jakarta (4/11) dan PSM Makassar (10/11).

”Mudah-mudahan mental pemain belakang kami bagus. Dua kali cleansheet tentu itu sangat berpengaruh. Diingat saja supaya solid di belakang,” pungkas mantan pelatih PSMS Medan itu.

(nia/bas)