Cetak Gol di Laga Debut, Alfath Fathier: Berkat Doa Orang Tua

123

JawaPos.com – Selalu ada beban tersendiri saat melakoni debut dalam sebuah laga resmi dengan kostum Timnas Indonesia. Hal itulah yang sempat dirasakan debutan Timnas asal Madura United, Alfath Fathier. Laga melawan Timor Leste, Selasa (13/11) malam jadi partai perdana Alfath dengan kostum Garuda di sebuah turnamen internasional sebagai starter.

Tampil menggantikan peran seniornya, Rizky Pora, Alfath mengaku tidak gugup. Tak heran dia bisa tampil maksimal di laga tadi malam. Bahkan, dia muncul sebagai pemecah kebuntuan skuad Garuda. 

Satu golnya pada menit ke-60 mampu mengangkat mental rekan-rekannya yang sempat drop. Gol penting yang menyamakan kedudukan setelah Timor Leste mencetak gol lebih dulu melalui Rufino Walter Gama (48’).

Buktinya, setelah gol penyama kedudukan yang dicetak Alfath, dua gol berikutnya menyusul dilesakkan skuad Merah Putih. Masing-masing oleh Stefano Lilipaly melalui titik putih pada menit ke-69 dan Alberto Goncalves (82’).

Pelatih Bima Sakti pun puas dengan penampilan Alfath dalam laga debutnya tersebut. Pergerakan Alfath di sisi kiri nyaris sempurna. Rajin membantu penyerangan serta disiplin ketika bertahan. Bima pun memuji penampilan bek 22 tahun tersebut.

’’Dia (Alfath) bagus, mengerti apa yang saya minta. Ya, saya bersyukur dia bisa memberikan yang terbaik,’’ kata Bima.

Alfath memang tak terlihat grogi meski ini ajang resmi pertamanya sebagai starter. Kehangatan dan kekompakan dalam timlah yang membuatnya tak kesulitan untuk beradaptasi di lapangan.

’’Sudah mengerti yang dimau coach, jadi tidak susah adaptasi. Mudah-mudahan ke depan bisa lebih baik lagi,’’ ungkapnya.

Mengenai gol perdananya bersama Timnas, Alfath menjelaskan bahwa dirinya tak pernah membayangkan. ’’Rezeki dari Allah. Alfath dikasih cetak gol tadi,’’ ujarnya. ’’Berkat doa orang tua. Sebelum pertandingan saya telepon.” 

Alfath berharap permainannya bisa stabil di laga-laga selanjutnya. Dia juga ingin dipercaya sebagai starter ketika away melawan Thailand pada 17 November nanti.

’’Mau tidak mau harus menang lawan Thailand, juga lawan Filipina. Saya berjanji tampil lebih baik lagi,’’ tutupnya. 

(rid/c19/bas)