Tidak Sabar dan Buka Celah untuk Lawan Jadi Faktor Kekalahan Ginting

97

JawaPos.com – Anthony Sinisuka Ginting mengaku kecewa dengan kekalahannya dari Shi Yuqi (Tiongkok) di perempat final Fuzhou Terbuka 2018, Jumat (9/11). Ginting menyebutkan, kekalahan itu terjadi karena dua kesalahan fatal yang dilakukannya setelah menang di gim pertama.


Kalah 21-16, 14-21, dan 14-21 di tangan Yuqi, Ginting menuturkan ia tidak bisa menerapkan permainan terbaiknya di gim pertama pada gim kedua dan ketiga.

“Pada game pertama, saya bisa menerapkan strategi yang sudah saya rencanakan. Saya berusaha supaya lawan tidak mengarahkan bola ke atas dan ini berhasil. Lawan jadi banyak melakukan kesalahan sendiri,” ujar Ginting.


Sayang, pola itu tidak bisa diulangi Ginting setelah Yuqi mengubah cara mainnya di gim berikut. Ginting malah banyak memberikan celah lawan menyerang dengan bermain terburu-buru. Bukan cuma itu, smes-smes keras dan tajam Ginting bahkan bisa dimentahkan oleh Yuqi.


“Shi bermain dengan pertahanan lebih rapat di game kedua dan game ketiga. Saya malah banyak memberikan dia kesempatan menerapkan pukulan yang memang menjadi keunggulannya. Selain itu saya kurang sabar. Sudah banyak dapat poin, cepat juga kehilangan poin lagi. Soal stamina, hari ini tidak ada masalah. Mungkin power pukulan yang harus ditingkatkan lagi,” kata Ginting.


Sementara itu, Shi Yuqi yang berhasil melaju ke babak semifinal dan akan bersua dengan pebulu tangkis Taiwan Chou Tien Chen.


(isa/JPC)