Sering Minum Susu? Ternyata Ini Kandungan dan Manfaatnya UntukTubuh

68

JawaPos.com – Susu merupakan pelengkap nutrisi bagi tubuh untuk memenuhi gizi seimbang. Susu mengandung berbagai nutrisi penting termasuk protein, kalsium, kalium, fosfor dan yodium, serta vitamin B2 dan B12.

Dalam seminar makanan aneka produk susu dan olahannya oleh Dairy Council Northern Ireland (DCNI) di Jakarta baru-baru ini, Chief Executive of Dairy Council for Northern Ireland DCNI, dr. Mike Johnston, menjelaskan berbagai manfaat susu. Bahkan olahan susu seperti keju dan yogurt juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Susu wajib diminum oleh ibu hamil untuk perkembangan otak janin.

“Poinnya kenapa sangat penting minum susu untuk otak. Terutama ibu hamil wajib minum susu yang bermanfaat bagi susunan saraf otak bayi untuk perkembangan fungsi kognitifnya,” kata Mike kepada JawaPos.com.

manfaat susu, kandungan susu, susu untuk otak, susu untuk tulang,
Chief Executive of Dairy Council for Northern Ireland DCNI Dr. Mike Johnston menjelaskan produk susu dan olahan susu bermanfaat bagi tubuh. (Rieska Virdhani/JawaPos.com)

Maka minum susu penting saat hamil, tidak menunggu anak lahir dan tumbuh berkembang. Sebab dalam masa-masa 1000 hari pertama bayi, adalah masa tercepat pembentukan otak untuk melahirkan generasi cerdas.

“Asam folat alam susu penting untuk membentuk otak. Selama hamil tentu penting dan lebih efektif jika diminum sejak hamil dilanjutkan saat anak tumbuh kembang,” ujarnya.

Lalu manfaat tubuh bagi tulang, tentu kandungan kalsiumnya bisa menyokong tulang agar lebih kuat. Menurut Mike, usia 30 adalah awal seseorang mengalami regenerasi fungsi tulang. Maka dengan rajin minum susu, hal itu bisa diperlambat.

“Dairy product (olahan susu) punya banyak manfaat. Sangat penting bagi tulangmu. Setiap usiamu mulai 30 tahun, fungsi tulang menurun. Apalagi perempuan menjelang menopause akan kehilangan banyak kalsium. Maka asupan susu harus diminum sejak dini, lifestyle pun harus baik,” kata Mike.

Hal paling penting, kata dia, penelitian menunjukkan seseorang yang rajin minum susu justru lebih kecil risikonya untuk terkena penyakit degeneratif seperti diabetes dan stroke di masa tua. Dia menyarankan agar dunia bisa melakukan kampanye rajin minum susu untuk mengurangi angka gizi buruk di dunia. Mike juga menjelaskan dengan detail tiap kandungan susu dan manfaatnya, seperti,

Fungsi Protein dalam Susu

Pemeliharaan tulang
Pengembangan otot
Penyangga otot pertumbuhan
Perkembangan tulang pada anak-anak

Fungsi Kalsium dalam Susu

Peningkatan pertumbuhan dan perkembangan tulang
Pemeliharaan tulang
Memperkuat gigi
Pembekuan darah
Meningkatkan metabolisme

Yodium dalam Susu

Meningkatkan metabolisme
Meningkatkan sistem saraf
Meningkatkan fungsi kognitif

Vitamin B2 dalam Susu

Metabolisme yang menghasilkan energi
Memelihara kulit
Memelihara sistem saraf
Merawat fungsi penglihatan
Meningkatkan sel darah merah
Mengurangi kelelahan

Vitamin B12 dalam Susu

Pembentukan sel darah merah
Membantu proses pembelahan sel
Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kalium dalam Susu

Memelihara fungsi saraf
Memelihara tekanan darah
Memelihara fungsi otot

Fosfor

Memelihara pertumbuhan tulang
Merawat gigi
Menghasilkan energi.

(ika/JPC)