Menikmati Peran Sebagai Box to Box Midfielder

134

JawaPos.com – Fandi Eko Utomo mulai menikmati masa-masa apiknya bersama Persebaya Surabaya. Sempat tenggelam hingga pertengahan putaran kedua, Fandi Eko kini menjelma menjadi andalan anyar tim berjuluk Green Force itu.

Cedera Robertino Pugliara menjadi titik mula untuk putra legenda Persebaya Yusuf Ekodono itu. Fandi selalu dimainkan sebagai starter sejak pertandingan melawan Persib Bandung. Ia telah mencetak tiga gol dalam empat laga terakhir.

JawaPos.com berkesempatan untuk melakukan wawancara singkat bersama mantan pemain Madura United itu. Berikut hasil wawancara dengan eks pemain Tim Nasional (Timnas) U-23 Indonesia ini.

JawaPos.com: Fandi, bisa dijelaskan nggak bagaimana peran barumu di Persebaya musim ini. Apakah ada perubahan peran dari posisimu sebelumnya?

Fandi Eko Utomo: Kata Pak Djadjang (Nurdjaman, pelatih Persebaya.red) saya mengisi posisi box to box midfielder. Jadi bisa sejajar dengan Misba (Misbakhus Solikin.red), bisa juga membantu serangan.

JawaPos.com: Sejak Persebaya ditangani Pak Djanur, kamu juga sering membantu pertahanan. Pemutus serangan lawan juga. Apakah ini hal baru untukmu? Atau sudah pernah menjalaninya sebelumnya?

Fandi Eko Utomo: Ini hal yang baru buat saya, Mas. Semenjak gabung dengan Persebaya, saya juga terkadang menjalani tugas ini. Namun lebih intens lagi sejak melawan Persib kemarin.

JawaPos.com: Dengan peran yang diberikan oleh Pak Djadjang, apa yang kamu rasakan? Lebih leluasa membantu serangan, atau harus memecah fokus antara menyerang dan bertahan?

Fandi Eko Utomo: Tergantung momennya. Kalau memungkinkan untuk menyerang, saya bantu pemain depan. Kalau memang nggak memungkinkan, saya akan cari posisi biar balance dengan pemain lainnya. Artinya, tetap ditengah dan membantu pemain belakang ketika ada serangan balik.

JawaPos.com: Sejauh ini bagaimana progresnya? Sudah menikmati posisi baru, atau masih meraba-raba?

Fandi Eko Utomo: Sejujurnya masih meraba raba. Tetapi Alhamdulillah untuk saat ini masih bisa menjalankan tugas saya dengan baik.

(saf/JPC)