Ponpes Al Muayyad, Jaga Kesehatan Santri Dengan Olah Raga Teratur

212

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG – Pondok Pesantren (Ponpes) yang merupakan lembaga pendidikan agama, yang menjadi salah satu lembaga pencetak generasi penerus bangsa, terus senantiasa memperhatikan aspek kesehatan baik lingkungan Ponpes maupun para santri-santrinya. Salah satunya yang dilakukan Ponpes Al Muayyad,Surakarta, yang perhatian dengan kesehatan lingkungan dan penghuni pesantren.

“Kami senantiasa mengingatkan para santri-santri kami, untuk menjaga kebersihan diri dan lingkungan, terutama jamban karena kesehatan dimulai dari jamban yang harus terjaga kebersihannya,” ungkap pengasuh Ponpes Al Muayyad Surakarta, KH Drs Dian Nafi, MPd dalam obrolan Germas di TVRI Jateng, belum lama ini.

Selain kebersihan jamban, pihaknya tambah KH Dian Nafi, juga mendukung Gerakan Masyarakat Hidup (Germas) di lingkungan Pesantren.

“Secara rutin kami ajak santri kami untuk teratur olah raga, mengkonsumsi makanan yang sehat buah sayuran,donor darah rutin serta cek kesehatan secara berkala,” tuturnya.

Pondok pesantren Al Muayyad, Surakarta, ungkap Dian Nafi, saat ini dihuni sebanyak 886 santri dan 157 tenaga pendidik. Terdiri dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari Sekolah Menengah Pertama, Madrasah Aliyah hingga program khusus pesantren mahasiswa.

“Kami menyadari kesehatan merupakan factor yang sangat penting, dalam menunjang proses belajar mengajar di pondok kami, karena itu kami menjaga betul kesehatan lingkungan dan santri kami,” pungkas KH Dian Nafi. (ono/web/ap)