Waspada Datangnya Penyakit di Musim Penghujan

203

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG- Setelah lama Jawa Tengah tak diguyur hujan, awal bulan November ini, sebagian besar wilayah Jateng mulai diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Selain banjir dan tanah longsor yang perlu diwaspadai kala datangnya musim penghujan adalah beberapa penyakit yang bermunculan sebagai dampak musim penghujan. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo mengingatkan warga untuk mewaspadai musim hujan yang bisa berdampak pada gangguan kesehatan.

“Kami minta warga waspada penyakit demam berdarah dan malaria, ini penyakit berbasis lingkungan yang biasanya terjadi saat musim penghujan, terutama saat perubahan musim,” ungkap Yulianto.
Selain penyakit menular seperti Demam Berdarah (DB) dan malaria, Kadinkes Jateng juga mengingatkan penyakit tidak menular saat musim hujan tiba.

“Penyakit tidak menular yang biasanya muncul disaat musim hujan seperti asma, paru kronik karena perubahan suhu udara dari panas ke dingin, ini juga harus diwaspadai,” ingatnya.

Bentuk pencegahan yang bisa dilakukan masyarakat, menurut dr Yulianto Prabowo, selain membersihkan lingkungan adalah dengan melakukan aktivitas olah raga.

“Ingat Germas, aktivitas fisik, konsumsi sayur buah, rajin control kesehatan, ini upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah datangnya penyakit di saat perubahan cuaca yang sudah mulai datang,” pungkas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. (ono/web/ap)