Ratusan Pelajar Se-Jateng “Berjibaku” Ikuti Cerdas Cermas Germas

167

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Apa pesan-pesan yang disampaikan dalam gerakan masyarakat hidup sehat atau germas?, waktu 1 menit dari sekarang”. Itulah salah satu pertanyaan yang disampaikan dewan juri kepada peserta cerdas cermat Germas yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Prov Jateng, Rabu (1/11). Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dr Yulianto Prabowo, mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) khususnya di kalangan pelajar.

“Mereka ini kan kalangan milineal yang kita harapkan mereka menjadi agen dan motivator kesehatan di lingkungan serta teman-temannya,” ujar dr Yulianto Prabowo usai membuka acara.

Yulianto menekankan, meski ajang cerdas cermat ini bersifat perlombaan, namun dia meminta agar peserta tidak memikirkan kalah atau menang.

“Bukan persoalan kalah atau menang, tapi yang terpenting adalah peserta memperoleh nilai lebih terkait hidup sehat, salah satunya gerakan masyarakat hidup sehat atau germas,” harap Yulianto Prabowo.

Cerdas cermat Germas ini sendiri diikuti pelajar tingkat SMA/SMK dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Kami kirim tim untuk ikut cerdas cermat ini dan telah melakukan persiapan dengan memberi pengetahuan tentang hidup sehat dan kesehatan, mudah-mudahan tim kami bisa juara,” ungkap Tri Susilowati tim pendamping kontingen Sragen.

Perempuan yang akrab dipanggil Ucis ini menambahkan, dirinya menyiapkan secara serius timnya untuk mengikuti lomba.

“Saya drill terus mereka mas, mereka ini adalah juara tiga besar yang kami adakan ditingkat kabupaten,” kata Ucis.

Sementara itu Linda, salah satu peserta yang mewakili SMA Gemolong mengaku bahagia bisa mewakili kabupatennya dalam lomba cerdas cermat germas tingkat Jateng.

“Ya senenglah mas, soal juara atau gak tidak begitu penting, yang paling penting pengetahuan saya tentang hidup sehat semakin meningkat, dan nanti saya tularkan ke teman-teman,” tutur Linda.

Lomba cerdas cermat yang baru pertama kali di gelar Dinas Kesehatan Provinsi Jateng ini diikuti ratusan pelajar SMA/SMK se Jateng, memperebutkan trophy Kadinkes Jateng dan uang pembinaan untuk juara 1,2 dan 3. (ono/web/ap)