Dinas Kesehatan Jateng Tingkatkan Kualitas Pelayan Kesehatan Dinas Kesehatan Jateng Tingkatkan Kualitas Pelayan Kesehatan

219

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG-Tenaga pelayan kesehatan merupakan salah satu ujung tombak, meningkatnya kesehatan masyarakat, karena itu peningkatan kualitas pelayan kesehatan harus terus menerus dilakukan. Hal itu diungkapkan Sidin Hariyanto, Kepala Bidang Pengembangan Karir dan Tata Kelola Sertifikasi Pusat Peningkatan Mutu SDM Badan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, usai menjadi narasumber dalam Rakor Dan Evaluasi Binwas Mutu Tenaga Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, di Semarang,senin (30/10/18).

“Ini salah satu upaya kita untuk meningkatkan kualitas pelayan kesehatan,mulai dari profesi yang non medik dan medik”tutur Sidin.

Kegiatan ini,tambah Sidin, juga bisa memberikan pencerahan bagi tenaga kesehatan untuk lebih meningkatkan peran mereka dalam pencapaian kesehatan masyarakat.

“Khususnya peran mereka dalam menekan angka kematian ibu melahirkan khususnya diwilayah Jawa Tengah” jelas Sidin.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,dr Yulianto Prabowo menilai Rakor ini memiliki nilai strategis dalam upaya Pemerintah Provinsi dan Kabupetan/Kota dalam meningkatkan mutu pelayan kesehatan.

“Apalagi harus kita akui,jumlah tenaga pelayan kesehatan di Jawa Tengah masih kurang, karena itu kualitas mereka harus kita tingkatkan, salah satunya dengan kegiatan ini” ujar dr Yulianto Prabowo usai memberi membuka Rakor yang diikuti lebih dari 50 tenaga kesehatan dari seluruh Jawa Tengah.

“Namun meski jumlahnya belum ideal, warga tidak perlu khawatir akan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat menurun, karena kita juga banyak di bantu kader-kader kesehatan” tutur Yulianto.

Kader kesehatan ini,tambah Kadinkes Provinsi Jawa Tengah, sangat membantu pihaknya dalam mensosialisasikan dan pencegahan penyakit di tengah masyarakat. (ono/web/ap)