Batal Kontrak Milla, PSSI Tunjuk Bima Sakti Tukangi Timnas Indonesia

148

JawaPos.com – Teka-teki pelatih Timnas Indonesia akhirnya terjawab. PSSI memutuskan menunjuk Bima Sakti sebagai pelatih utama Skuad Garuda. Itu setelah Luis Milla yang sebelumnya dipertahankan PSSI tak kunjung datang ke Indonesia.



Bima Sakti resmi menjadi pelatih Timnas Indonesia berdasarkan keputusan Komite Eksekutif PSSI. Mantan gelandang andal Merah Putih tersebut bakal menjalankan tugas pertamanya pada ajang Piala AFF 2018 yang berlangsung pada 8 November hingga 19 Desember mendatang.

Dengan begitu, Luis Milla batal dikontrak. Meski, sebelumnya lewat Ketum PSSI Edy Rahmayadi, pelatih asal Spanyol itu dipertahankan dan diberikan perpanjangan kontrak selama satu tahun. Namun, Milla yang dinanti-nanti tak kunjung tiba di tanah air setelah pulang ke negaranya.

Timnas Indonesia, Bima Sakti, Luis Milla
Bima Sakti diyakini bisa membawa Timnas Indonesia berprestasi di Piala AFF 2018 (Bintang Rahmat/JawaPos.com)

“Selamat bertugas untuk Bima Sakti. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Luis Milla atas dedikasi dan kerja sama selama satu setengah tahun,” ucap Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono kepada wartawan, Minggu (21/10).



PSSI tentu tak asal tunjuk. Kiprah Bima Sakti selama mendampingi Timnas Indonesia sudah cukup terbukti. Dalam tiga laga uji coba terakhir sebagai pelatih interim, Bima Sakti membawa Indonesia tak terkalahkan. Merah Putih menang atas Mauritius, Myanmar, dan imbang lawan Hongkong. PSSI pun percaya Bima Sakti bisa membawa Skuad Garuda meraih prestasi di Piala AFF 2018.



“Ini menjadi momentum PSSI dan arahan ketum yang mempercayakan pelatih Timnas Indonesia kepada sosok pelatih muda,” imbuh Jokdri, sapaan akrab Joko Driyono.



Bima Sakti sendiri mengaku siap mendapat tanggung jawab besar dari PSSI. Dia pun bangga ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018. Mantan salah satu gelandang terbaik Indonesia itu mengaku tugas yang diembannya tidaklah mudah. Namun, dia yakin bisa memberikan yang terbaik. Selama ini dia sudah mendampingi Timnas Indonesia sebagai asisten dari Luis Milla sejak 2017.



“Saya mengucapkan terima kasih kepada PSSI atas kepercayaan ini. Selama ini kami sudah saling mengenal. Kami yakin bisa meraih prestasi terbaik di Piala AFF 2018,” beber Bima Sakti.



Bima sakti menambahkan, pada awal November mendatang Timnas Indonesia akan kembali melakukan pemusatan latihan jelang tampil di Piala AFF 2018. Merah Putih akan melakoni laga pertama melawan tuan rumah Singapura pada 9 November mendatang. Indonesia berada di Grup A bersama Singapura, Thailand, Filipina, dan Timor Leste.



(ies/JPC)