Kwarda Jateng Suport SBH Sosialisasikan Germas

218

RADARSEMARANG.COM, SEMARANG- Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kwarcab Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, terus didorong untuk lebih optimal dalam membantu pemerintah, meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satu support itu diberikan Wakil Pusat Pendidikan dan Latihan (Wapusdiklat) Kwarda Jateng, Mulyono, dalam pertemuan konsolidasi berkala Saka Bakti Husada di Provinsi Jawa Tengah, yang digelar di salah satu hotel dikota Semarang, selasa (16/10/18).

“Kan ada 6 krida yang menjadi tugas SBH ya, seperti mengajak lingkungan disekitar untuk berperilaku hidup sehat, termasuk mensosialisasikan Germas, ini harus lebih giat dilakukan SBH,” tandas pria yang akrab dipanggil Kak Moeng ini.

Wapusdiklar Kwarda Jateng ini menyarankan, agar lebih optimal gerakan pramuka SBH, harus dimulai dari pucuk pimpinan SBH itu sendiri.

“Agar lebih optimal, harus dimulai dulu dari anggota dewasa dulu, seperti pimpinan saka, pembina, pamongnya harus mulai belajar menambah perbekalan untuk mengajak anak didiknya berlatih,” saran Mulyono.

Jika anggota dewasa berperan aktif dalam kegiatan SBH, tambah Kang Moeng, maka gerakan Saka Bakti Husada akan eksis.

“Kalau pimpinan Sakanya aktif, maka akan mampu menghidupkan gerakan Saka, termasuk menjalin hubungan dan komunikasi dengan instansi lainnya,” tambahnya.

Ke depan dia berharap, jumlah anggota SBH terus bertambah, khususnya usia muda 16-21 tahun, karena mereka bisa menjadi agen untuk mensosialisasikan perilaku hidup sehat,salah satunya menyuarakan enyahkan asap rokok disekitar lingkungan mereka. (ono/web/ap)