Miliki Berat 20 Kg, Ini Kostum ‘Rumah Gadang’ di Miss International

125

JawaPos.com – Tak hanya kecerdasan dan kecantikan, kostum pun menjadi salah satu hal penting dalam ajang Miss International. Lewat ajang Miss International 2018, Putri Indonesia Lingkungan, Vania Herlambang dipastikan akan mengenakan kostum yang unik dan menggambarkan budaya Indonesia.


Yayasan Puteri Indonesia kembali mempercayakan Dynand Fariz, pria dibalik kesuksesan Jember Fashion Karnaval, untuk menciptakan kostum nasional. Tema yang diangkat kali ini adalah rumah tradisional khas Minangkabau Sumatera Barat bertajuk ‘Dynamism of Rumah Gadang’.

vania herlambang, miss international 2018, Puteri Indonesia Lingkungan 2018,
Vania Herlambang dengan kostum nasional ‘Rumah Gadang’ (Inri Sembiring/JawaPos.com)

“Rumah Gadang punya filosofi yang sangat mendalam bahwa rumah ini menyatukan alam semesta dan penghuninya, bahwa mereka kalo menyatu selalu mendapatkan perlindungan. Semoga nasional kostum ini mengikuti langkah teman-teman sebelumnya yang pernah meraih nasional kostum di ajang Internasional, dan kita bawa rumah gadang ini agar seluruh dunia melihat bahwa rumah ini sangat Indah,” ujar Dynand Fariz saat ditemui di kawasan Menteng Jakarta Pusat, Kamis (11/10).


Bagi Vania, membawakan nasional kostum memiliki tantangan tersendiri. Terlebih kostum ini memiliki berat 20 kg.


“Jujur ini baru fitting beberapa hari lalu, dan baru lihat bentuknya, surprise, ini benar benar berbeda dari desain-desain JFC sebelumnya, ini lebih vertikal jadi ada tantangan tersendiri untuk membawakan nasional kostum ini. Seninya pembawaan nasional kostum bagaimana kita menjiwai kostum,” ungkap Vania Herlambang dalam kesempatan yang sama.


Selain membawakan karya kostum dari JFC, mahasiswa lulusan Teknik Kimia ini juga akan membawa evening gown karya desainer berbakat yaitu Billy Tjong yang sekaligus menjadi official designer untuk malam Grand Final Miss International 2018 bertajuk ‘The Swan Maiden’.


Selama karantina berlangsung Vania akan membawa busana dari desainer lainnya seperti Yosep Sinudarsono, Hans Sallam, Olanye by Eko Tjandra, dan Kebaya Intan Avantie.


Perlu diketahui, Yayasan Puteri Indonesia telah mengirimkan perwakilannya ke ajang Miss Internasional di tahun yang ke 11. Vania Herlambang akan bersaing dengan teman-teman finalis dari 82 negara dalam karantina Miss International 2018.


Karantina tersebut akan berlangsung dari tanggal 18 Oktober hingga 10 November 2018 serta Grand Final yang akan digelar pada tanggal 9 November 2018 di Tokyo Dome City Hall, Jepang.


“Saya berharap Puteri Indonesia Lingkungan 2018 dapat memperoleh kembali hasil terbaik di ajang Miss International 2018, selain itu juga dapat mempromosikan produk produk Indonesia dan produk Industei Tradision Berbasis Budaya serta memperkenalkan pariwisata dan budaya yang dimiliki Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan untuk menunjukkan hal tersebut adalah melalui busana yang ditampilkan Vania pada saat karantina maupun saat kontes berlangsung,” ujar Puteri Kus Wisnu Wardani.


(Inr/JPC)