Gitaris Indonesia Gelar Konser Amal Kumpulkan Hingga Rp 2,5 Miliar

127

JawaPos.com – Sebagai wujud kepedulian terhadap bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda kawasan di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah, sejumlah gitaris Indonesia gelar konser kepedulian. Bekerja sama dengan harian Kompas, acara bertajuk Gitaris Indonesia Peduli Negeri: Musik dan Syair Solidaritas itu pun digelar di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (11/10), mulai pukul 19.30 WIB.


Sebanyak 65 gitaris, penyanyi, serta beberapa penyair tampil mengekspresikan rasa empati dan doanya melalui musik yang dimainkan. Para seniman itu juga mengajak para khalayak untuk membantu pemulihan daerah yang terdampak bencana dengan berdonasi.

Para musisi yang berpartisipasi dalam acara ini antara lain, Ade Govinda, Andra Ramadhan, Andy Rif, Armand Maulana, Baim, BengBeng Pass Band, Endah (Endah n Rhesa), Eross, Iga Massardi, Iman Jrocks, Tohpati, Dewa Budjana, Ebiet G Ade, dan banyak lagi. Adapun seniman yang membacakan sajaknya adalah Joko Pinurbo, Maryam Supraba, Sapardi Djoko Damono, Inaya Wahid, dan Saras Dewi.

Eross, Dewa Budjana, Tohpati, Baim, Baron Etc | GIPN 2018 (Youtube/Wahyoutube)

Acara yang awalnya digagas oleh beberapa gitaris itu kemudian didukung oleh kompas gramedia grup. Salah satu penggagas, Dewa Budjana, mengungkapkan tujuannya. Menurut Budjana, para gitaris memang kerap menggelar konser amal kepedulian.


“Acara ini bukan kali pertama, 2014 kita juga adain acara ini pas bencana di Manado. Teman-teman gitaris kemudian berempati lewat musik,” kata Budjana di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah Selatan, Kamis (11/10).


Antusias penonton pun luar biasa, terlihat dari padatnya konser dan jumlah donasi terkumpul. Di 10 menit pertama gelaran konser tersebut, donasi yang terkumpul telah mencapai Rp 56 juta. Hingga menjelang akhir acara pada tengah malam, donasi yang terkumpul mencapai Rp 2,5 miliar.


(yln/JPC)