Atasi Kerontokan Rambut dengan Masker dari 2 Jenis Dedaunan

99

JawaPos.com – Rambut rontok sebelum usia menua merupakan masalah yang umum dihadapi pria dan peremuan. Berbagai faktor seperti salah memilih produk hingga keadaan rambut yang lembab menjadi penyebab kerontokan.


Penanganan rambut rontok pun beragam. Mulai dari masker rambut hingga penggunaan serum. Namun, tak ada salahnya coba mengatasi kerontokan rambut dengan kandungan alami. Sejak dulu, ada dua dedaunan yang dianggap bisa mengatasi kerontokan rambut. Yaitu selada air dan seledri.

Keduanya bisa dijadikan masker sederhana di rumah untuk dipijat ke area yang mengalami kerontokan atau seluruh rambut.  “Seperti pada anak kecil itu habis bercukur kan dengan daun seledri. Kemudian selada air itu mengandung Biotrinine yang bisa mengatasi kerontokan rambut,” kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dr. Abraham Arimuko, SpKK, MARS, FINS DV, FAADV, dalam pameran kecantikan Cosmobeaute´ Indonesia 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (11/10).

obat alami rambut rontok, tips hadapi rambut rontok, solusi alami rambut rontok, cara obati rambut rontok, kerontokan rambut,
Seledri air bisa mengatasi kerontokan rambut. (Pixabay)

1. Selada Air


Tanaman ini tergolong tanaman dari famili Brassicaceae. Tanaman ini kaya akan glikosida, vitamin, mineral dan polifenol, yang memungkinkan untuk merangsang pertumbuhan rambut, vitalitas bulbus rambut dan produksi keratin berkualitas tinggi. Biotrinine dipilih karena sangat efektif bekerja pada fase anagen. Fase ini adalah fase yang paling penting dalam siklus pertumbuhan rambut guna menghentikan kerontokan rambut secara maksimal.


Manfaat selada air, salah satunya terkandung dalam produk perawatan rambut Rene Furturer. “Merawat rambut dengan produk kami untuk perawatan intensif, digunakan dua kali per minggu sudah cukup selama bulan pertama. Kemudian untuk perawatan pemeliharaan, satu kali per minggu selama 2 bulan,” jelas Managing Director PT Beautindo Prima selaku distributor dari label perawatan rambut René Furterer asal Paris, Henny Wijaya.


2. Seledri


Menurit dr. Arimuko, seledri dapat merangsang kulit kepala agar tumbuh akar atau anak rambut baru. Daun seledri atau dalam bahasa latinnya Apium graveolens L. merupakan salah satu jenis dedaunan yang banyak digunakan dalam beberapa masakan. Daun seledri sudah dikenal sebagai salah bahan untuk pengobatan alami karena khasiatnya pada kesehatan. Ternyata, daun seledri juga dapat menjadi salah satu bahan alami untuk perawatan rambut.


Contohnya para orang tua masih percaya melakukan masker seledri pada anaknya sejak bayi agar rambutnya kelak bisa tumbuh subur. Sebab daun seledri ternyata memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatasi masalah kerontokan pada rambut.


“Daun seledri ternyata kaya akan protein nabati yang bisa merangsang pertumbuhan rambut agar menjadi lebih subur,” papar dr. Arimuko.


Tak hanya itu, protein nabatinya juga bisa menjaga kekuatan rambut sehingga tidak akan mudah rontok. Kulit kepala juga bisa menjadi lebih sehat jika kita menggunakan daun seledri ini.


(ika/JPC)