Tips Belanja Ibu Muda Ala Agni Pratistha Agar Tidak Terjebak Diskon

125

JawaPos.com – Menghadapi kata ‘diskon’ ketika berada di pusat perbelanjaan atau e-commerce bukanlah hal mudah khususnya untuk para ibu muda. Tak jarang, dengan iming-iming diskon, para ibu tanpa sadar membeli perlengkapan diluar kebutuhan.


Bagi seleb Agni Prathista, paling penting dalam menghadapi diskon adalah perencanaan yang matang. Dalam arti, diskon bisa jadi cara untuk berhemat jika memang potongan harga yang diberikan sesuai. Terlebih jika barang yang didiskon memang sedang dibutuhkan.

“Saya biasanya buat skala prioritas dulu, misal ada info mainan diskon sampai 90 persen, yang dianggap bahwa barang diskonan itu untuk stok,” ujar Agni saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/10).


Agni pun mengakui kalau terlalu mengikuti arus diskon akhirnya lama-lama terlihat kalau punya banyak barang yang tidak perlu. Sehingga, supaya tidak tergiur dengan diskonan, ia lebih memilih untuk tidak perlu lihat atau datang ke tempat tersebut.


Namun, yang paling penting adalah membuat perencanaan budget yang matang agar biaya yang dikeluarkan tidak melebar dari perkiraan. Setidkanya, dengan batasan budget ketika tergiur adanya diskon makan akan berpikir  ulang untuk membeli.


Kebiasaan merencanakan keuangan tak hanya berguna untuk diri sendiri.  Tetapi kebiasaan baik tersebut bisa menular juga pada anak. Sehingga ia selalu membuat perencanaan keuangan untuk belanja setiap bulannya.


“Saya sudah biasa dengan keluarga yang diajarkan mengelola keuangan, segala macem itu harus dibudgeting semua di-breakdown, udah belanja di supermarket pun buat inventori lagi, ini kepake berapa kali sih, ini penting ga sih, jadi lama-lama anak juga perhatiin dan terbiasa untuk melakukan hal itu juga,” ujarnya.


(Inr/JPC)