Timnas Italia Ulang Memori Buruk, Lima Laga Kandang Sonder Kemenangan

137

JawaPos.com – Timnas Italia sepertinya belum lepas dari periode negatif. Kegagalan lolos ke Piala Dunia 2018 merembet hingga saat ini. Kegarangan Gli Azzurri seolah menguap. Terakhir, menjamu Ukraina dalam laga persahabatan, Kamis (11/10) dini hari WIB, Leonardo Bonucci cs hanya bermain imbang 1-1.


Hasil tersebut membuat Gli Azzurri – julukan Timnas Italia, mengulang momen buruk di era 1920-an silam. Italia tak pernah menang dalam lima laga kandang secara beruntun.

Lima laga kandang beruntun tanpa kemenangan itu dimulai saat menjamu Makedonia di Pra-Piala Dunia 2018, 7 Oktober lalu. Kala itu, Italia hanya bermain imbang 1-1. Kemudin berturut-turut Italia bermain imbang 0-0 kontra Swedia yang mengakibatkan mereka gagal lolos ke Piala Dunia 2018, imbang 1-1 menjamu Belanda, imbang 1-1 melawan Polandia, dan terakhir bermain imbang 1-1 menjamu Ukraina.

Timnas Italia, Roberto Mancini, Gli Azzurri
Roberto Mancini tetap mengambil sisi positif dari hasil seri kontra Ukraina (MARCO BERTORELLO / AFP)

Pada era 1920-an, Italia 5 laga kandang secara beruntun tanpa kemenangan. Mereka mengalami 3 hasil imbang dan 2 kekalahan. Itu terjadi pada Maret 1923 sampai Januari 1925.


Meski begitu, pelatih Gli Azzurri, Roberto Mancini, meyakini bahwa tim asuhannya akan bangkit. Bahkan, dia menilai ada perkembangan positif dari pera pemainnya terutama performa permainan tim.


“Ketika hasil akhir gagal menang memang mengecewakan, bukan hanya bagi saya, bahkan semuanya. Namun, ada sisi positif dari tim ini. Mereka bermain bagus dalam beberapa laga. Saya rasa ini menjadi hal yang harus dipertahankan untuk meraih kemenangan,” jelas Mancini seperti dilansir Football Italia.


Mantan pelatih Manchester City dan Internazionale Milan itu meminta fans bersabar. Dia berjanji akan segera memberikan kemenangan bagi pencinta setia Gli Azzurri.


“Fans kecewa ketika Timnas gagal menang adalah wajar. Namun, kami tak boleh drop ketika fans mencemooh. Ketika kita mencetak gol dan tim meraih kemenangan, fans akan mengelu-elukan kami. Saya katakan ini hanya masalah hasil,” pungkas Mancini.


(epr/Football Italia/JPC)