Komdis PSSI Resmi Hukum Arema FC, Lebih Ringan dari Persib

191

JawaPos.com – Komite Disiplin (Komdis) PSSI akhirnya mengambil keputusan terkait pelanggaran kode disiplin pada pertandingan Liga 1 antara Arema FC versus Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, 6 Oktober 2018 lalu. Mereka resmi menghukum Arema FC melakoni laga tanpa penonton.


Dari penyelidikan Komdis PSSI, ditemukan sejumlah pelanggaran. Beberapa pelanggaran yang dimaksud yakni pengeroyokan yang dilakukan suporter Arema FC terhadap suporter Persebaya, intimidasi yang dilakukan oleh suporter Arema FC dengan cara mendekati pemain Persebaya.

Atas pelanggaran itu, Arema FC diberi sanksi larangan menggelar pertandingan tanpa penonton. Sanksi itu berlaku dalam laga home maupun away sampai akhir musim kompetisi 2018.

Arema FC, Persebaya Surabaya, Liga 1 2018, Komdis PSSI
Dirigen Aremania saat memprovokasi pemain Persebaya (Harris Dwi for JawaPos.com)

Pelanggaran lainnya yakni penyalaan flare dan pelemparan botol yang dilakukan suporter Arema FC. Atas pelanggaran ini, Singo Edan didenda Rp 100.000.000.


“PSSI memastikan setiap pelanggaran disiplin kompetisi mendapatkan sanksi. Tidak ada toleransi,” kata Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.


Hukuman ini sendiri lebih ringan dari yang dijatuhkan untuk Persib. Sebelumnya Persib disanksi tanpa penonton hingga tengah musim depan dan terusir dari Pulau Jawa.


(ies/JPC)